Rabu, 30 Maret 2016

SUKATEMI BKI 4 KM



NAMA                                   : SUKATEMI
NIM                                        : 11442204331
MATA KULIAH                  : KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT
KELAS                                  : BKI IV KM (A)
DOSEN PENGAMPU         :  M. FAHLI ZATRAHADI M.pd

Pertanyaanya
1.    Buatlah cita (cita-cita) kamu masing-masing lalu apa yang harus di lakukan untuk mewujudkannya?
2.    Apa kelemahan kamu dan bagaimana cara mengatasinya?
3.    Apa yang menyebabkan kamu gagal. Dan bagaimana cara mengatasinya?

                                               JAWAB!

1.        pertama masuk kuliah cita-cita ingin jadi guru BK disekolah, tapi setelah lulus tes jurusannya berbeda sedikit dari pilihan, dan itu tidak menjadi masalah karena pada dasarnya apa yang di pelajari tetap sama. jadi saya menyesuaikan diri saja dengan jurusan sekarang untuk bercita-cita menjadi seorang konselor.
                  Dan untuk untuk mewujudkannya adalah dengan menjaga dan menumbuhkan cita-cita dengan cara tidak merasa cukup dengan apa saja ilmu yang didapat, dan terus mengembangakan kepribadian untuk menjadi yang lebih baik dan fokus pada apa yang di pelajari diperkuliahan karena orang yang sukses adalah orang yang mau  dan berusaha untuk menjaga kepribadian yang baik, dan mau untuk mengembangkannya sampai dirinya benar-benar mamapu untuk mewujudkan cita-citanya, berfikir maju, menghilangkan rasa penyesalan karena beda jurusan dari pilihan yang di inginkan serta meyakinkan diri dan selalau berhati-hati, menyukai cita-cita yang di pilih dengan begitu akan meraih kebahagiaan dengan cita-cita yang di impikan serta bertanggung jawab tidak mudah menyerah dan selalu mencoba untuk kedepannya menjadi yang lebih baik dan yang paling penting selalu berdoa kepada Allah swt, karena perjuangan harus disertai dengan doa.

2.         kurang percaya diri.
Dan cara untuk mengatasinya dengan mencoba untuk mengenali apa sebenarnya yang membuat merasa kurang percaya diri, dan mencoba berangsur-angsur untuk membuang rasa yang membuat ketidaknyamanan atau kuarang percaya diri tersebut, berusaha menjadi diri sendiri dan tidak mencoba untuk meniru orang lain jika tidak mampu untuk melakuakan hal itu kerena hal ini akan membuat diri tertekan karana teraksa, ingat jangan memaksakan diri. Menggali kemampuan yang di miliki, dan saya yakin hal ini akan membuat semakin menguasai bidang yang kurang dikuasai tersebut dan akan tumbuh secara perlahan rasa percaya diri untuk tampil di depan banyak orang, dan membiasakan untuk melatih mental, terutama dalam berbicara dan berpendaat karena hal ini sanagat penting agar terbiasa melakukannya. Jika sudah terbiasa maka akan dapat menguasai diri sendiri untuk lebih baik dalam menguasai  diri sendiri, lama semakin lama kepercayaan diri yang tinggi akan tumbuh seiring mental  yang terus latih tersebut. Dan yang utama ialah memperdalam ilmu pengetahuan, seiring dengan luasnya ilmu pengetahuan akan mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Terus tidak terlalau takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena semakin banyak mencoba semangkin kita percaya pada diri sendiri. Lakukan tantangan pada diri sendiri, karena ketika sulit itu lah yang menjadi pelajaran untuk lebih baik dan lebih percaya diri lagi. Mengurangi sikap diam ditempat, karena tindakan yang dilakukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi percaya diri yang lemah. Berpenampilan bersih,sopan,rapi, karena penampilan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

3.        yang menyebabkan kegagalan ialah berhenti bertindak untuk mencapai tujuannya, dan berhenti untuk menyesuaikan tujuan dengan kondisi yang ada.
                   Dan cara mengatasinya ialah dengan mempertinggi sikap tanggung jawab, dan jika ingin menjadi orang yang berfikiran maju, maka harus mengambil tanggung jawab atas kegagalan. Dan gagal karena kesalahan yang dilakukan, percayalah setiap usaha yang sunguh-sunguh tidak ada ruginya meski belum berhasil sebab akan menjadi pengalam yang berharga kerena tidak banyak orang berani melakukan hal seperti itu.Walaupun belum berhasil janganlah  janganlah berhenti atau menyerah dalam berusaha yang sunguh-sunguh. Berikhtiar selalu kepada allah swt, dan yakinlah setiapkegagalan yang di lanjutkan dengan kesunguhan ikhtiar mampu membuka keberhasilan.Hal ini di telah di sebutkan Allah swt dalam alquran bahwa setiap kesukaran akan diganti kemudahan dan setiap kegagalan akan diganti dengan keberhasilan. Menerima kegagalan dan tanggung jawabnya akan membuka mata akan kekuatan dan kekurangan diri.dan membimbing diri sendiri untuk bertindak lebih realistis di masa depan.
                 Kegagalan memberi banyak pelajaran sangat penting setidak, kegagalan selalau menawarkan tiga pelajaran yang sangat berharaga bagi kita: kebijaksanaan, kerendahan hati,dan sikap mau terus belajar. Diluar itu pun ada banyak hal yang bisa di petik dan di jadikan sebuah pengalaman yang mendidik dan terpelajar untuk diri sendiri. Kegagalan selalau adalah sebuah pelajaran multidimensi yang berguna untuk kesuksesan. Menerima tanggung jawab atas kegagalan memungkinkan kita untuk mampu menerima tanggung jawab untuk keberhasialan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar