Rabu, 23 Maret 2016

Kesehatan Mental

NAMA     : ALRABBI
NIM       : 11442204549
KELAS    : BKI 4 KM

1.     Apa yang menyebabkan orang menjadi cemas (gelisah) , iri hati, rasa sedih yang berlebihan, rasa rendah diri sehingga hilangnya kepercayaan diri, dan pemarah??
Sebelum kita mengetahui apa yang menyebabkan ini semua terjadi kepada seseorang, alangkah lebih baiknya dulu kita mengetahui pengertiannya. Berikut pengertian dan penyebab hal di atas terjadi kepada seseorang :

A.  CEMAS (gelisah)
Dalam ilmu kejiwaan, kecemasan atau gangguan kecemasan disebut juga dengan anxiety disorder yang merupakan sekelompok penyakit mental yang membuat seseorang mengalami atau menderita perasaan gugup dan khawatir yang berlebihan. Namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kecemasan itu pada dasarnya bukan merupakan gangguan, karena dalam hal lain justru mampu meningkatkan kewaspadaan dan membuat tubuh bersiap melakukan suatu tindakan. Namun kecemasan yang sering muncul tanpa alasa yang jelas akan berpotensi mengurangi kualitas hidup dan membuat seseorang keselutin dalam menjalani hidupnya secara normal. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, ada beberapa gejala emosional dan fisik yang terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan kecemasan, diantaranya rasa takut, sering bermimpi buruk, panik, gangguan tidur, ketegangan otot dan banyak yang lainnya.
Gangguan kecemasan terjadi karena beberapa factor, yaitu faktor biologis , masa lalu atau pengalaman masa lalu, stress berlebih dan factor genetik serta gaya hidup. Biasanya orang yang memiliki kecemasan itu di akibatkan oleh beberapa hal, diantaranya dia merasa bahwa dirinya tidak dapat melakukan sesuatu yang sudah direncanakan ataupun takut gagal dalam melakukan hal yang sudah dikerjakannya baik itu pada masa yang sudah lampau maupun masa yang akan datangnya. Misalnya dalam bidang pekerjaan dan tugas-tugas lainnya baik itu dari kampus ataupun kantor. Kecemasan banyak merasuki orang yang memiliki  pikirin negative yang tinggi.
Secara sederhana kecemasan dapat disebabkan karena individu mempunyai rasa takut yang tidak realistis, cenderung menaksiri sesuatu secara berlebihan baik itu suatu peristiwa yang membahayakan ataupun tidak dan karena penilaian diri yang salah.
B.  RASA IRI HATI
Iri hati adalah penyakit hati yang dimiliki oleh manusia, iri hati merupakan sifat negative manusia. Orang yang iri hati biasanya tidak bahagia melihat orang lain bahagia. Adapun hal-hal yang menyebabkan orang menjadi iri hati diantaranya, yaitu:
·         Terlalu fokus pada haknya sendiri dan pola asuh orang tua, maksudnya karena merasa dirinya berhak mendapatkan ini dan itu bisa menyebabkan orang menjadi iri hati, namun banyak juga diantaranya yang mementingkan kewajibannya. Contohnya ada dua orang anak yang berteman baik namun mereka hidup di lingkungan keluarga yang berbeda sebut saja pulan dan pulana. Pulan hidup dikeluarga yang serba kecukupan, baik itu secara materi dan penuh kasih sayang dari orang tuanya. Setiap yang diminta pulan pasti diberikan oleh orang tuanya, apabila pulan berbuat salah orang tuanya tidak memarahi pulan tapi memberikan nasehat dan pulan selalu mendengarkannya. Sama seperti pulan, pulana juga hidup dikeluarga yang berkecukupan, namun perbedaan diantara mereka adalah pulana kurang mendapatkan kasih sayang orang tuanya. Setiap kali pulana berbuat salah orang tuanya selalu memarahinya, inilah yang menyebabkan pulana merasa iri kepada pulan. Itulah mengapa pola asuh orang tua bisa menjadi penyebab seseorang menjadi iri hati.
·         Tidak menyadari bahwa setiap orang itu berbeda dan unik, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, namun ada diantara kita yang tidak menyadarinya. Terkadang orang hanya memandang kekurangannya dan tidak pernah memandang kelebihannya, sehingga saat dia melihat kelebihan orang lain dia merasa bahwa dirinya sangat jauh dibawah orang tersebut dan akhirnya timbullah sikap putus asa, tidak suka kepada orang tersebut dan iri hati. Ada dua pilihan jika hal ini terjadi pada kita, pertama : kita membenci kelebihan orang tersebut, merasa iri, menyalahkan lingkungan dan menyalahkan tuhan. Kedua : kita menerima kelebihan orang lain dan kelemahan kita, kemudian menggali kelebihan kita, menerima semua yang diberikan tuhan atau kita juga bisa belajar dengan orang yang memiliki kelebihan tersebut.
·         Keinginan yang keliru, iri hati di awali oleh keinginan. Banyak diantara kita yang berkeinginan memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain tapi tidak dapat memilikinya. Baik itu keingin memiliki harta, nilai, pekerjaan dan lainnya. Dan banyak lagi penyebab iri hati lainnya.

C.  RASA SEDIH
Sedih tanpa alasan akan menyebabkan gangguan hypopherenia. Banyak diantara yangb sering mengatakan hal ini tiba-tiba kepada temannya, “aku lagi sedih ni, sedih banget” lalu teman kamu bertanya “sedih? Sedih kenapa?’’ lalu kamu mejawb “tidak tau”. Pasti seebagian teman kamu beranggapan bahwa kamu sudah bersikap aneh, karena melihat kamu yang sedih tanpa alasan. Aada beberapa penyebab rasa sedih yang tanpa alasan ataupun berlebihan, karena perasaan kehilangan yang mendalam, gagal dalam mencapai tujuannya dan selalu dipikirkannya, dan pengalam traumatis dan banyak penyebab lainnya.

D.  RASA RENDAH DIRI (hilangnya kepercayaan diri)
Banyak orang yang kurang percaya diri sehingga hal itu membuat mereka memperlakukan diri sendiri dengan buruk, merasa bahwa dirinya tidak berguna dan berharga. Padahal kepercayaan diri sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang, orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan selalu bepikir positif dan data merespon setiap tantangan yang ada dengan baik, kemudian akan sukses dalam kehidupan pribadi maupun karirnya.
Adapun penyebab umum yang menyebabkan hilangnya kepercayaan diri yaitu factor-faktor yang bergantung pada latar belakang, lingkuanga, pola asuh orang tua, usia, penampilan fisik, pengalaman-pengalan negaatif (masa lalunya yang kurang baik), hubungannya dengan dunia luar dan lainnya.
E.  PEMARAH
Pemarah adalah salah satu penyakit hati, dalam ilmu kejiwaan pemarah adalah salah stu penyakit jiwa. Adapun beberapa penyebab yang membuat orang menjadi pemarah diantaranya karena frustasi, suasana yang tidak nyaman, sakit, kelelahan (karena letih bekerja juga dapat menyebabkan orang menjadin pemarah), butuh perhatian, kehilangan figure tersayang, kelebihan koleserol, diabetes, depresi, alzheimer, pms, insomnia dan penyakit lainnya.

2.    Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan…

Kesehatan mental sangat berpengaruh besar terhadap kecerdasan seseorang. Akan terlihat dari cara orang menghadapi, misalnya ada orang yang menghadapi kehidupannya dengan kecemamasan dan ketakutan. Orang yang memiliki banyak masalah kesehatan mental akan sulit dalam belajarnya, seperti akan sulit untuk menghafal, mengerti tentang apa yang sudah di ajarkan. Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan akan merasa tidak nyaman dan waswas dan pada akhirnya mempengaruhi kecerdasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar