Rabu, 23 Maret 2016

APA YANG MENYEBABKAN ORANG MENJADI CEMAS, IRI HATI, SEDIH DAN RASA RENDAH DIRI ????

A.   
·         Rasa Cemas adalah situasi ketakutan yang berasal dari  antispasi atas rasa takut atau ancaman, kejadian atau situasi yang bersal dari imajinasi seseorang.  Kecemasan termasuk penyakit mental yang membuat orang menderita perasaan gugup dan khawatir yang berlebihan. Cemas merupakan salah satu emosi manusia paling umum yang dialami manusi apada suatu titik pada kehidupan mereka.

       Penyebab kecemasan
1.      Masalah dalam hidup
Berbagai masalah dalam hidup mempengaruhi faktor kecemasan dalam diri seseorang. Seperti contoh nya insomnia ,stress dan mengalami kekerasan dalam hidup merupakan salah satu penyebab timbul nya kecemasan.
2.      Masalah fisiologi
Masalah gangguan kecemasan bisa muncul akibat faktor keturunan seperti contoh nya penyakit yang di turunkan dari orang tuanya. Menyebabkan timbulnya kecemasan tersebut.
3.      Faktor lingkungan kepribadian  
Beberapa faktor lingkungan juga terpengaruh dari lingkungan hidup seseorang. Sebagai contoh nya diantaranya peristiwa trauma,perceraian,kematian orang yang di cintai atau perubahan suasana di sekolah atau di pekerjaan.  
4.      Kepribadian
Kepribadian memainkan peran utama pada timbulnya gangguan kecemasan.  Segala gangguan kepribadian ini  ditambah dengan masalah keuangan, masalah fisik,kehilangan  pekerjaan dll. Semakin besar kemungkina   n timbulnya gangguan kecemasan.



                                                    
·          Iri hati adalah perasaan tidak senang melihat orang lain mendapat kebahagiaan . termasuk dalam penyakit mental yang merusak dan  berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lai.  misalnya senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang.


Penyebab iri hati
1.      Dengki
Artinya tidak senang melihat orang lain mendapatkan kenikmatan, dan berharap kenikmatan itu berpindah kepadanya.
2.      Rasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya
orang yang tidak bersyukur dengan apa yang dimilikinya menyebab kan penyakit hati dan penyakit mental yang berpengaruh dengan cara pandang nya. Dan tidak puas dengan apa yang telah dimilinya dan beharap dapat   selalu yang lebih bagus dari pada orang lain.
3.      Perasaan jengkel
Perasaan tidak senang atau jengkel terhadap orang- orang  yang menyamai dan menandinginya.
4.      Berpandangan sempit
Senang mendapatkan kesuksesan tapi mereka tidak mau berusaha.


·         Rasa sedih merupakan  adalah kesakitan psikologi yang dikaitkan dengan perasaan pilu, kekurangan, kehilangan, putus asa,tidak melakukan apa-apa, pilu dan marah. Atau merasa mood yang tidak baik

Penyebab rasa sedih
1.      Perasaan kehilangan
Yaitu kehilangan seseorang atau sesuatu yang cintai yang menyebab kan rasa sedih yang berlebihan. Dan sulit mengendalikan perasaan sedih tersebut.
2.      Mendapat suatu kemalangan atau musibah
Ketika seseoang mendapatkan musibah yang di timpanya membuat merasa sedih akan kondisi dan tidak dapat menerima kenyatan terhadap sebuah kejadian tersebut.
3.      Mendapat cacian atau makian dari orang lain
Ketika kita mendapatkan perlakuan yang buruk dari orang lain otomatis membuat kita merasa amat sedih. Karan kita mersa kita mempunyai bnyak kekuranagn bdan tidak dapat menerima cemoohan tersebut.
4.      Tujuan yang tidak tercapai
Yaitu ketika orang yang ingin mencapai  tujuan tapi tidak sesuai dengan hararapanya membuat rasa p utus asa dan seid karana tidak seperti yang di harapkannya.
5.      Kegagalan
Ketika orang mengalami kegagalan tidak banya yang bisa bangkit dari keterpurukan dan memulai lagi karna banyak yang berdiam diri dengan kesedihannya dan meratapi nya itulah pemicu rasa sedih,pilu dll.
·         Rasa rendah diri atau kurang percaya diri
Rasa rendah diri adalah perasaan menganggap terlalu rendah diri pada diri sendiri. Rendah diri adalah suatu penyakit yang berbahaya dan suatu sikap yang dapat merugikan diri sendiri. Orang rendah diri menganggap diri sendiri tidak mempunyai kemampuan yang berarti.

Penyebab rasa rendah diri
1.      Faktor intern  yaitu penyebab yang berasal dari diri sendiri, seperti cacat tubuh, kelemahan mengenai suatu pelajaran dan susah berkomunikasi.
2.      Faktor eksternal yaitu penyebab yang berasal dari luar seperti contoh masalah ekonomi orang tua yang lemah, orang tua yang bercerai dan keluarga yang sering cekcok.
Kelemahan yang dimiliki seseorang baik dari faktor internal maupun eksternal dapar menibulkan rasa rendah diri dan kurang percaya diri terhadap diri sendiri.

B.PENGARUH KESEHATAN MENTAL  TERHADAP KECERDASAN ORANG
Kecerdasan  seseorang akan diwarisi  oleh orang tuanya. Namun, jika orang yang cerdas karena keturunan tetapi tidak mendapat  kesempatan oleh lingkungan untuk berkembang maka kecerdasan itu tidak akan mencapai maksimal dan bila ini dirasa sebagai masalah yang besar maka kesehatan mental atas pikiran terganggu.
Contohnya masalah kesehatan mental pada pikiran atau kecerdasan, sering lupa, tidak bisa kosentrasi ,kemampuan menurun, merasa tidak lagi cerdas, merasa pikirannya tidak bisa digunakan, dan sebagainya. Disekolah sering di dapati anak-anak yang tidak mau belajar, malas belajar, sering lupa menaruh barang, bukan beraarti dia tidak cerdas, bisa jadi karena tidak ada ketenangan jiwa pada dirinya disebabkan orang tua(rumah tangganya) broken home. Perlakuan orang tua yang terlalukeras, tidak peduli terhadap kepentingan anak, sering membanding-bandingkan, sering campur tangan, tidak member pengertian dan penghargaan, sering menyebabakan hilangnya ketenanagan si jiwa anak yang berakibat daya kosentrasi rendah, semangat belajar menurun, anak menjadi pemalas dan bodoh di sekolah.
           


Nama                   : Filda Solehati                    Fak      : Dakwah dan Komunikasi

Matkul                 : KesMen Masyarakat         Jur       : Bimbingan Dan Konseling Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar