Rabu, 23 Maret 2016

Kesehatan mental masyarakat (Dori Armadi)



Kesehatan mental masyarakat
1.      Apa yang menyebabkan seseorang terkena rasa cemas, iri hati, rasa sedih, rasa rendah diri, dan pemarah?
Saya akan menjelaskan kesehatan mental dimasyarakat meliputi perasaan, rasa cemas, iri hati, rasa sedih, rendah diri dan pemarah.
a.       Rasa cemas
Rasa cemas adalah perasaan gelisah dialami seseorang saat melakukan kegiatan. Rasa cemas banyak dialami oleh masyarakat khusus nya daerah perkotaan, contoh nya saja dengan marak nya aksi maling kerumah masyarakat, membuat masyarakat yang ingin meningalkan rumah dalam keadaan kosong akan timbul perasaan cemas apabila meningalkan rumahnya.  kelalaian seperti lupa mematikan kompor juga menimbulkan kecemasan ini biasa dialami ibu rumah tangga.
b.      Iri hati
Iri hati adalah perasaan seseorang yang ingin memiliki apa-apa yang dimiliki orang lain, biasanya dari segi material contoh kekayaan seseorang, kesuksesan seseorang dan lain-lain. Ini  mempengaruhi kesehatan mental dikalangan masyarakat yang mana biasanya di alami seseorang yang melihat sebuah kesuksesan seseorang, dengan praduga bahwasanya kesuksesan itu didapatkan dengan cara yang tidak halal, contohnya seorang penjabat dan dinilai oleh masyarakat yang iri hati bahwa kesuksesan atau kekayaan nya diperoleh dengan cara korupsi.
c.       Rasa sedih
Rasa sedih adalah perasaan sedih yang timbul akibat adanya rasa kehilangan, baik itu kehilangan barang berharga maupun biasa nya dialami oleh seseorang yang berduka apabila salah satu anggota keluarga mereka meningal, rasa sedih akan berlangsung lama di alami seorang ibu yang ditingal oleh anak nya, apalagi ibu itu melihat teman bermain anak nya akan menimbulkan kesedihan baginya.
d.      Rendah diri
Rendah diri adalah perasaan seseorang yang merasa dia tidak pantas pada posisi tersebut, contohnya apabila seorang diajak oleh orang kaya untuk masuk kerumah nya lalu sesorang tersebut merasa tidak layak untuk menginjakan kaki nya kerumah orang kaya tersebut.
e.       Pemarah
Pemarah adalah perasaan atau emosi seseorang yang tidak terkendali, cenderung emosi yang meluap-luap. Misalnya seseorang yang mudah marah bermain sepakbola dan terjadi kontak fisik, menurut lawan nya dalam bermain itu hal yang biasa dilapangan lalu seseorang tersebut membalas dengan sebuah pukulan atau tinjuan, juga seseorang tersebut tidak bisa menerima kekalahan yang dialami nya tersebut mengatakan wasit memimpin melakukan kecurangan lalu memaki wasit tersebut.

2.      Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan orang/seseorang :
Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasaan orang atau seseorang, sangat lah mempengaruhi baik segi kecerdasan, dikarenakan jiwa yang sehat mental nya mencerminkan prilaku seorang yang memiliki kecerdasan sangat berbeda dengan orang yang tidak sehat mental nya baik seseorang itu tingkat kecerdasan nya tinggi, beberapa orang akan  menyalahgunakan keilmuan nya atau pun kecerdasan nya untuk merugikan orang lain, seperti menipu orang ini adalah sebuah gambaran bahwa kecerdasan harus lah didukung sehat nya mental.
Apabila seseorang tersebut sudah merasa dirinya memiliki ilmu yang lebih dengan pengetahuan dari pada orang lain, apa yang di ucapkan nya dinilai orang lain adalah sesuatu yang benar sehingga membuat dia merasa tidak pernah salah. Pada suatu saat dia salah, dia tidak mau pernyataannya disalahkan, karena dia pasti akan merasa menset dirinya turun di tengah anggapan teman-temannya.
Orang yang ber IQ tinggi dia sulit memahami orang-orang yang ber IQ rendah, karena sering tidak ada toleransi dalam kehidupannya. Namun orang yang ber-IQ sedang, serta meemiliki mental yang sehat. Dengan mempelajari berbagai pemahaman tentang mental, pasti akan lebih mudah mengetahui orang-orang-orang yang sehat akan mentalnya.
Orang yang sehat akan mentalnya, sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Karena orang yang bermental sehat, dia tidak akan melakukan hal-hal yang buruk. Seperti korupsi, manipulasi pekerjaan, dan sebagainya. Karena itulah orang bermental sehat sangat dibutuhkan dalanm dunia kerja dan bermasyarakat. THANKS. . . .


Biografi
Nama                   : Dorry Amadi
Nim             : 11442106038
Fakultas      : Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jurusan       : Bimbingan Konseling Islam
Matkul        : Kesehatan Mental Masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar