Selasa, 29 Maret 2016

cita cita istiqomah

Nama : istiqomah
Nim    : 11442201199
Kelas  : BKI 4A
Jur     : BKI
Fak    : dakwah dan ilmu komunikasi
Matkul: kesehatan mental masyarakat

Apakah cita-cita anda? Bagaimana cara anda menggapai cita-cita tersebut?
Dulu ketika masih kecil boleh bercita-cita setinggi mungkin, tapi dari fase petumbuhan cita-cita berubah-ubah, ketika TK mau jadi dokter, ketika SD mau jadi guru, ketika MTs mau jadi guru sampai SMA berubah menjadi apoteker, tapi semua tak sesuai, orang tua tak sanggup kuliah kan saya di bidang apoteker, ketika itu juga berubah keinginan saya untuk menjadi seorang psikolog, saya mendaftar ke fakultas psikologi dan juga memilih bidang yang tidak jauh dari psikologi, saya pilih BK yang ternyata salah sasaran, tidak lulus di fakultas psikologi tapi lulus di BK, yang ternyata bukan BK yang ada di pendidikan tapi di penyuluhan islam, yasudah di jalani apa yang sudah menjadi takdir.
Ketika sudah mengerti dengan jurusan ini, rasa ingin tau saya menjadi tumbuh, kemana nantik saya setelah ini, saya tertarik dengan salah satu mata kuliah yang sudah saya pelajari, saya ingin menyembuhkan seseorang terutama saya ingin menyembuhkan diri saya sendiri yang secara fisik memang terlihat sehat tapi tidak dengan beban hidup saya, saya terlalu memikirkan hal-hal yang membuat saya benci dengan diri saya sendiri, karena saya tidak bisa keluar dari masalah ini. Saya ingin bebas mengekspresikan diri saya. Tapi pikiran saya selalu menghalangi. Itu sebabnya saya ingin bisa menjadi terapis untuk orang lain terutama untuk diri saya sendiri. Dengan keahlian itu setidaknya saya memahami permasalahan dan pemecahan masalah saya tersebut.
Satu usaha yang baru saya jalani yaitu mengikuti pelatihan hypnoterapy, disana saya mengetahui permasalahan saya. Dan saya sangat menginginkan sehat mental saya. Agar kehidupan saya bisa lebih baik. dengan itu saya bisa membantu orang lain untuk sehat mental. Walaupun banyak cemoohan dari orang lain, saya semakin tertantang untuk menunjukkan kepada mereka saya bisa. Selanjutnya usaha saya, saya akan mengikuti tahap kedua pelatihan hypnoterapy tersebut dan memperdalam pengetahuan. Untuk bekal skil saya setelah saya selesai kulaiah ini.
Terus berlatih, membuktikan saya bisa melakukannya demi cita-cita dan demi orang tua yang terus mendukung untuk selalu belajar. Bisa menjadi contoh untuk saudara saya.
Apa kelemahan anda? Lalu bagai mana cara anda mengatasi kelemahan tersebut?
Tidak konsisten dan mudah terbawa arus,dendam,takut, mudah percaya, cara mengatasinya mulai disiplinkan diri. Konsistenkan pendirian, apa yang menjadi pendapat ataupun keinginan lakukan jangan terpengaruh dengan apapun keadaannya selagi itu tidak melanggar norma agama. Melatih diri untuk tidak memiliki rasa dendamdan menerima dengan lapang dada apapun yang terjadi, memaafkan kesalahan orang lain dan tidak memendam perasaan benci. Beranikan diri dan terus memotivasi dan menyemangati diri bahwa kamu berani menghadapi semua ini. Memulai memilih memilah apakah itu benar atau salah, yang mana modus dengan yang tulus. Harus lebih jeli melihat orang-orang yang dapat di percaya dan tidak mudah percaya begitu saja dengan orang lain.
Apa yang membuat anda berkemungkinan gagal lalu, bagaimana cara mengatasinya?
Ada beberapa kemungkinan yang membuat saya gagal ialah karena tidak adanya skil yang dimiliki, bagaimana mungkin bisa memulai suatu pekerjaan tersebut apabila tidak memiliki skil atau kemampuan di bidang pekerjaan tersebut.
Tidak percaya dengan kemampuan dirinya. Walaupun memiliki skil atau kemampuan jika dalam diri tidak memiliki rasa percaya dengan kemampuan tersebut, ini juga akan menyebabkan kegagalan.
Kurangnya sosialisasi dengan orang lain. Karena dengan sosialisasi tersebut kita bisa menambah wawasan . Bisa saling berbagi pengalaman untuk memotivasi diri kedepannya.

Itu beberapa kemungkinan  terjadinya kegagalan. Untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan tersebut saya akan berusaha mencari skil dan kemampuan diri untuk bisa saya aktualisasikan sehingga bermanfaat bagi diri saya dan juga orang lain. Menimbulkan kepercayaan diri dan semangat menggapai segala keinginan. Memperbanyak dan memperluas sosialisasi supaya memiliki wawasan lebih luas lagi dan bisa saling bertukar pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar