Rabu, 23 Maret 2016

kesehatan mental masyarakat



 Ahmad juki
KESEHATAN MENTAL MASYRAKAT
eks-wajah.png
1.      Apa yang menyebabkan  orang menjadi
A.    CEMAS
Orang cemas karena rasa khawatir yang terlalu tinggi terhadap sesuatu. Hal ini terjadi karena seseorang tersebut bisa saja  sudah mengalarmi sesuatu yang membuat dia trauma dan seseorang tersebut bisa saja melihat orang lain mengalaminya, sehingga akan mentalnya tidak sehat dan tidak ada kemajuan yang membuat lebih baik. Misalnya saja seseorang takut tampil di depan kelas takut kena marah guru apa bila salah –salah jawab, misalnya lagi seseorang tersebut takut bertanya karena takut tidak sesuai dengan yang di bahas. Dengan demikian hal tersebut dapat menjadi perhatian kita  dan pembelajaran. Untuk menghilangkan kecemasan yang terlalu tinggi adalah sebagai berikut : pertama dengan terapi konseling, kedua kita berpikir positif terhadap sesuatu, apa bila sesuatu buruk maka mudah- mudahan ada kebaikan yang simpang itu dan membuat hidup kita menjadi tertantang terhadap sesuatu, mengingat kepada allah dengan berzikir dan sholat malam dan sebagainya yang mengarah yang lebih baik.
B.     Iri Hati
Orang yang penyebab menjadi iri hati adalah karena ketidak mampuannya menerima yang terjadi  dengan orang lain atau  linngkungan sekitar nya, sehingga membuat dirinya menjadi gelisah dan tidak tenang melihat yang terjadi di lingkungannya. Sehingga bisa aja membuat orang lain merasa terganggu dengan sikapnya tersebut. Misalkan dalam kasus ini adalah seseorang merasa iri hati melihat temannya memiliki HP baru, sehingga dia juga ini memiliki HP baru, tapi seseorang tersebut tidak mempunyai uang cukup untuk membelinya, orang tuanya tidak mampu untuk memenuhi inginannya, untuk makanpun susah apalagi untuk membeli Hp untuknya. Dan dia pun menggunakan berbagai cara agar bisa untuk membeli HP baru tersebu. Berusaha melakukan pencurian, sehingga dapat merugikan masyarakat.
C.     Rasa Sedih
Orang yang menyebabkan merasa sedih adalah karena seseorang tersebut merasa kehilangan sesuatu, atau hal merasa bersalah yang terjadi dalam kehidupannya. Misalnya saja seseorang kehilangan seseorang yang dia sayang, sehingga dirinya tidak bisa menerima apa yang terjadi dan tidak bisa menerima kenyataan kehidupan.  Rasa sedih itu boleh saja, tidak boleh terlalu dalam atau terlarut dalam kesedihan tersebut, karena  akan membuat seseorang menjadi sterss , depresi dan sebagainya yang akan merugikan dirinya baik secara fisik maupun mental.
D.    Pemarah
Orang yang menyebabkan suka marah karena sering terjadi tekanan batin pada dirinya yang tak mampu di kendalikan lagi dan tidak memliki kesabaran yang kuat dan juga kurang terkontrolnya emosi yang dapat merugikan orang lain. Sumber dari kemarahan adalah hal-hal yang menganggu aktivitas untuk mencapai tujuannya. Dengan demikian, ketegangan yang terjadi dalam aktivitas itu tidak mereda , bahkan bertambah untuk menyalurkan ketegangan-ketegangan  itu, individu yang bersangkutan menjadi marah , karena tujuannya tidak tercapai.
2.      Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan
Kecerdasan adalah perihal cerdas, kesempurnaan akal budi manusia. Kata kecerdasan ini diambil dari akar kata cerdas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cerdas berarti sempurna perkembangan akal budi seseorang manusia untuk berfikir, mengerti, tajam pikiran dan sempurna pertumbuhan tubuhnya.  Kecerdasan sangat mempengaruh kesehatan mental seseorang. Dan adannya kebebasan berarti bahwa minat atau dengan mengembangkan pontensi dirinya di lingkungannya.  Seperti kata semboyannya “ di dalam fisik yang kuat terdapat jiwa sehat “. Apa bila seseorang tersebut sering mengalami tekanan, sering di buli , sering di ejek atau di hina dan sebagainya yang membuat dirinya bermasalah dan menjadi bahan pikiran terus menerus. Sehingga pontensi kecerdasannya menjadi terganggu dan membuat seseorang tersebut menjadi tidak sehat cara berpikirnya, lambat dan sering lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar