Rabu, 23 Maret 2016

Kesehatan Mental

oleh : syahrizal siregar
kenapa orang menjadi cemas?kecemasana akan timbul sebagai akibat dari antisipasi harapan akan situasi yang menakutkan dan pernah menimbulkan rasa sakit. maka apabila ia dihadapkan pada peristiwa yang sama ia kan menjadi takut dan cemasiri hatimerupakan keinginan rasa yang tinggi yang tak bisa dipenuhi karena melihat orang lain mampu dari kita. karena melihat orang lain sukses dan kita tidak bisa seperti mereka. maka timbulah rasa iri hati pada diri kita.pemalasIri hati adalah penyakit hati yang dimiliki oleh manusia, iri hati merupakan sifat negative manusia. Iri hati adalah salah satu gangguan kesehatan mental. Karna agara islam sendiri melarang kita untuk iri hati terhadap saudara sesama muslim. Salah satu penyebab dari iri hati adalah kita tidak mampu mendapatkan seperti yang dimiliki oleh orang lain.

 Yang menyebabkan orang sedih ialah ketika orang lain melukai perasaannya dan orang tersebut tidak mau meminta maaf padanya.ketika orang tersebut berada dalam situasi yang sulit dan ia tidak bisa menghadapinya.
rasa rendah diri dan hilangnya kepercayaan kepada diri. Ini tentu tidak baik untuk diri kita, dan siapa saja yang memiliki sifat seperti ini. Contoh dari sifat ini ialah ketika seorang anak tidak mau berteman karena dia jelek,hitam, dan bodoh. Itulah anggapan dia akan dirinya sendiri. Disini dia sendirilah yang menyebabkan menset dirinya turun, karena dia tidak percaya akan kelebihan diri dia dibalik kekurangan yang dia miliki.
 Semakin sehat mental seseorang, maka seseorang akan baik pula kehidupannnya. Orang yang memiliki sehat mental secara fisik dan psikis, maka dia adalah orang yang mengerti tentang baik buruk, mana yang harus ia lakukan dan tinggalan, dan sebagainya. Karena dia mengerti apa yang harus dia perbuat. Orang yang benar-benar sehat mental ialah orang yang mengerti tentang lingkungannya, baik itu teman bermain, teman kenalan, keluarga, lingkungan masyarakat dan sebagainnya.

Sepintar-pintarnya orang yang ber IQ tinggi, dan dia bisa melakukan apa saja yang kita mau atau yang inginkan, namun tidak memiliki mental yang  sehat, sama saja dia tidak berguna. Karena dia bisa saja melakukan pekerjaan kotor atau bahkan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar