Rabu, 16 Maret 2016

Pemicu Depresi Yang Terjadi Disemua Kalangan Masyarakat

                    oleh : Filda Solehati

Depresi adalah suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Ketika mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktifitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal dulunya menghibur menyalahkan diri sendiri.
Semua orang pernah merasa sedih, tapi ketika kita mengalami depresi, suasana hati yang sedih berlangsung hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Kondisi ini sangat mempengaruhi perasaan, perilaku, dan pola berpikir anda.
Banyak  orang yang menganaggap depresi adalah sesuatu yang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya, padahal sebenarnya depresi adalah bentuk suatu penyakit yang lebih dari sekedar perubahan emosi sementara. Depresi bukanlah kondisi yang bisa diubah dengan sementara.
Akibat depresi kegiatan sehari-hari seperti bersekolah atau bekerja menjadi tidak menyenangkan. Bahkan utuk mempertahankan hubungan dengan orang lain maupun keluarga sendiri begitu berat. Depresi bisa membuat anda merasa hidup tidak ada gunany, bahkan dapat memicu penderita melakukan bunuh diri.

Gejala yang Muncul pada Penderita Depresi:
1.      Kehilangan selera untuk menikmati hobi
2.      Merasa bersedih secara berkepanjangan
3.      Mudah menangis
4.      Mudah merasa cemas
5.      Merasa hidup tidak ada harapan
6.      Merasa sangat bersalah
7.      Tidak percaya diri
8.      Menjadi sangat sensitif atau mudah marah terhadap orang di sekitar
9.      Tidak ada motivasi untuk melakukan apapun


Gejala Fisik akibat Depresi
1.      Badan selalu merasa lelah
2.      Gangguan pada pola tidur
3.      Merasakan berbagai rasa sakit
4.      Tidak berselera melakukan hubungan seksual
Penyebab muncul nya Depresi
Beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya depresi antara lain:
1.      Melahirkan
2.      Masalah keuangan
3.      Terisolasi secara sosial
4.      Trauma masa kecil
5.      Ketergantungan terhadap narkoba atau alkohol


Pengobatan pada Depresi

Teknik pengobatan dan perawatan depresi sangat tergangtung kepada jenis dan penyebab dari depresi yang dialami. Terdapat berbagai jenis obat anti depresi yang bisa di gunakan beberapa penannganan yang bisa di lakukan sendiri.

Perubahan hidup seperti berolahraga dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol dapat memberikan keuntungan bagi penderita depresi. Juga bisa bergabung dengan kelompok-kelompok terapi untuk berbagi cerita dan saling memberi dukungan.


Akibat dari sepresi yang paling parah adalah kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.Cobalah untuk slalu berbagi cerita kepada orang-orang terdekat anda tantang masalah yang dihadapi. Penderita juga sangat disarankan untuk menemui dokter terutama jika depresi telah berlangsung lama atau parah. Makin dini penanganan depresi, kemungkinan pemulihan secara menyeluruh bisa didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar