Rabu, 23 Maret 2016

Kasmiati (Kesmen)



1.      Apa yang menyebabkan orang menjadi cemas?
Cemas sering kali dialami oleh orang-orang terutama pada saat terjadinya situasi yang mendesak dan mendadak. Saat kejadian tersebut, seseorang bisa menjadi panik dan gugup serta berada dalam rasa kekhawatiran sesaat, saat terjadinya kejadian. Yang menyebabkan orang menjadi cemas seperti:
-          Ketika Anak yang memiliki sifat pendiam dan malu untuk berbicara di depan kelas atau banyak orang tiba-tiba di tunjuk oleh gurunya atau dosen untuk mengemukakan pendapatnya, otomatis dia akan terkejut dan cemas. Takut untuk mengemukakan pendapatnya, takut ditertawakan oleh teman lain kalau pendapatnya salah.
-          Saat seseorang dipaksa untuk memilih dua hal yang serius secara tiba-tiba, tanpa ada persiapan, dan pemikiran tentang dua hal tersebut. Maka dia pasti bingung dengan pilihan mana yang akan dia ambil. Akhirnya dia menjadi cemas.
-          Disaat seorang anak melakukan kesalahan besar, dia pasti takut jika kesalahannya terbongkar dan merasa cemas jika ada orang lain yang mulai mencurigainya. Ia takut dan cemas kalau orang tuanya mengetahui kesalahan yang telah ia lakukan.
2.      Apa yang menyebabkan orang menjadi iri hati.
Iri hati adalah salah satu penyakit hati yang dimiliki oleh setiap orang, iri hati ialah perasaan tidak senang dengan apa yang dimiliki orang lain. Yang menyebabkan orang menjadi iri hati seperti:
-          Seseorang yang selalu mengejar kebanggaan dan penghargaan, ia tidak mau bila ada orang lain yang menyaingi dia, pasti dia akan memikirkan banyak cara agar orang tersebut tidak bisa menyainginya.
-          Seperti 2 tetangga yang hidup berdampingan, yang satunya memilki kehidupan yang lumayan baik dari segi ekonominya dan yang satu lagi termasuk keluarga yang pas-pasan. Keluarga yang  pas-pasan Pasti ada perasaan iri hati melihat keluarga yang kaya dan berusaha agar orang kaya tersebut menjadi miskin seperti dia.
-          Ada kisah seorang keluarga kaya yang memiliki pembantu, ia dan pembantunya sama-sama hamil, dan ketika melahirkan anak si pembantu merasa iri hati dengan kekayaan nya, dan ia berpikiran untuk menukar bayinya dengan bayi majikannya agar anaknya mendapat kehidupan sebagai orang kaya, dan anak majikannya di perlakukan sebagai pembantu.
3.      Apa yang menyebabkan orang menjadi sedih?
Sedih adalah perasaan yang dirasakan seseorang saat ia terluka, saat seseorang berada dalam situasi yang terpuruk dan ia tidak bisa untuk menghadapinya dengan sabar. Yang menyebabkan orang menjadi sedih seperti:
-          Saat seorang remaja putus cinta, saat itu pasti dia akan merasa sedih dan tidak terima jika pasangannya memutuskan hubungan dengannya. Dia akan merasa sedih dalam beberapa waktu hingga dia sadar kalau pasangannya bukan yang terbaik untuknya.
-          Ketika seorang anak kehilangan ibunya atau orang yang paling ia sayangi, sang anak akan merasa terpukul hatinya dan tidak bisa menerima keadaan dan sedih yang mendalam. Harus ada yang menyemangati dan menghiburnya hingga dia tidak merasa sedih lagi dan bisa menerima keadaan dan kenyataan.
4.      Apa yang menyebabkan orang menjadi rendah hati?
Rendah hati merupakan perasan seseorang yang tidak bersyukur dengan apa yang dimilkinya dan ia merasa memiliki banyak kekurang dari yang lain. Yang menyebabkan orang rendah hati seperti:
-          Seseorang yang memiliki rasa kurang percaya diri, ia pasti tidak pd bergaul dengan teman sebayanya, ia merasa kalau dirinya tidak pantas berteman dengan temannya karena ia memiliki banyak kekurangan.
-          Anak yang tidak bisa marah walaupun ia diperlakukan dengan tidak adil dan di bully oleh teman-temannya, tetapi dia hanya diam dan tidak berani untuk melawan atau membalas perlakuan temannya karena ia merasa rendah hati.
5.      Apa pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan?
Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang karena orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi pasti memiliki perasaan ambisius dari pada orang yang memiliki kecerdasan yang standar. Seperti:
-          Orang yang memiliki IQ tinggi pasti tidak mau mengalah dan di salahkan, dia ingin kalau orang-orang seperti teman dan gurunya sering memperhatikannya dan mendengar pendapat-pendapatnya. Ia ingin menjadi pusat perhatian dari orang-orang sekitarnya.
-          Orang IQ tinggi memiliki ambisius tinggi dalam mencapai hal yang di inginkannya walaupun dengan cara yang salah.
-          Orang IQ standar, akan bersikap seperti biasa dan terkadang merasa hidupnya santai sehingga ia hanya melakukan hal-hal yang dia inginkan demi mencapai rasa senang di hatinya sehingga ia melupakan belajar dan karena di pengaruhi oleh lingkungan yang tidak baik dia bisa menjadi anak yang berandal dan sok-sokan, merasa hidupnya sudah tenang dengan melakukan apa saja. Sehingga terganggulah kesehatan mentalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar