Rabu, 23 Maret 2016

Konseling kesehatan mental masyarakat

Nama: Sukatemi
Nim: 11442204331
Matakuliah : Konseling kesehatan mental masyarakat
Dosen pemangku: M. Fahli Zatrahadi M.pd
1.      Apa yang menyebabkan seseorang mengalami rasa cemas (gelisah), iri hati, rasa sedih, rasa rendah diri dan hilangnya kepercayaan diriserta pemarah?
2.      Apa pengaruh kesehatan mental masyarakat terhadap pikiran dan kecerdasan?

1.      Rasa cemas (gelisah)
Kecemasan ini muncul karena kecemasan bersifat mengurangi kualaitas hidup seseorang bahkan cemas membuat seseorang tidak bisa menjalankan hidupnya secara normal. Gangguan kecemasan (anixiety disoder)di defenisiskan sebagai sekelompok penyakit mental yang membuat orang menderita dan mengalami perasaan gugup dan khawatir yang berlebihan. Kecemasan meruakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, dan di tandai dengan mengalami beberapa gejala emosional dan fisik seperti rasa takut, panik, mimpi buruk, pikiran obsesif tak terkendali, terganggu terus menerus dengan pengalaman traumatis, susah tidur, detak jantung meningkat, keringat dingin, dan gangguan pencernaan.
Adapun penyebab dari rasa cemas ini adalah:
-          Masalah dalam hidup
Seperti akibat kurangnya ekonomi orang tua berlaku kritis terhadap anak, Gangguan kecemasan pada anak-anak berpotensi muncul akibat orang tua yang perfeksionis atau terlalau kritis, dan apabila anak-anak mendapat sedikit pengharagaan dari orang tua mereka, maka anak tersebut akan takut dan cemas. Karena mereka sering di marah dan kuarng perhatian dan kasih sayang orang tuanya.
-          Masalah fisiologis
Gangguan kecemasan bisa muncul akibat faktor keturunan. Orang tua yang memiliki gangguan kecemasan berkemungkinan besar menurun ke anak dengan masalah yang serupa. Kecemasan bisa pula disebabkan adanya ketidakseimbangan kimiawi dala otak atau pemikiran seseorang.

-          faktor lingkungan
beberapa faktor lingkungan dapat menimbulkan gangguan kecemasan diantaranya trauma,stres,perceraian orang tua,dan perubahan suasana di lingkungan tempat tinggal dan pekerjaan.
-          Kepribadian
Orang-orang yang rendah diri lebih rentan terhadapgangguan kecemasan. terus-menerus berfikir negatif juga dapat menimbulkan gangguan  ketidaksehatan mentalbagi mereka yaitu sering cemas.
Dan orang yang gelisah itu biasanya dia merasa tidak bisa melakukan sesuatau yang akan dikerjakannya pada masa yang selanjutnya,misalnya gelisah karena takut tidak punya pekerjaan  dan lain-lain. Dan gelisah itu timbul ketika pikiran kita di penuhi rasa negative yang begitu tinggi akan sesuatu, hingga rasa percaya diri akan hilang, tentu itu akan membuat kita menjadi gelisah.dan gelisah itu timbul karena kita mersa takut tidak bisa mengerjakan kewajiban kita sehingga takut pula untuk kehilangan haknya.
2.      Iri hati
Iri hati merupakan penyakit mental ataupenyakit hati. Iri hati ini merupakan keinginan hati agar keberhasialn yang diraih orang lain berpindah kepadanya sehingga ia tidak senang terhadap orang yang berhasil atau memperoleh keberuntungan. Iri hati sangat dilarang kerena berakibat buruk, baikbagi diri sendiri mauaun oarang lain. Adapun akibat dari iri hati:
-          Menimbulkan rasa tidak senang, cemburu,dengki,dendam terhadap orang yang berhasil.
-          Menimbulkan kejahatan serta memutuskan tali persaudaraan terutama terhadap orang yang diirikannya.
Menurut Bertrand russell, seorang filsuf, mengatakan bahwa iri hati adalah salah satu penyebab utama ketidakbahagiaan. Orang yang iri hati tidak hanya menyebabkan ketidakbahagiaan bagi dirinya sendiri,bahkan orang tersebut kemalangan orang lain.
Bahkan iri hati menyebabkan seseorang tidak sehat mental seperti ketidakstabilan status sosial di dunia sekarang ini juga kesetaraan dari demokrasi dan sosialisme,sangat berperan  memeperluas penyebaran iri hati dalam status kalangan masyarakat sekarang ini, sering terjadi selisih paham diantara masyarakat danbahkan terjadi pembunuhan. Karena itulah agama islam sangat-sangat melarang sifat iri hati serta merupakan perbuatan yang tidak baik.

3.      Rasa sedih
Siapa pun pasti tidak mau untuk mersa sedih yang cukup berat dengan berbagai masalah yang elik. Kesedihan ini disebabkan oleh ketidaksehatan mental bagi seseorang di antara nya sebagai berikut:
-          kehilangan suasana yang berharga, seperti kehilangan kesempatan untuk mengikuti tes atau pernah mengkuti tes ujian misalnya terus dia gagal dan ini ini timbulah perasaan sedih, kehilangan banyak uang,kehilangan anggota tubuh penting dan lain-lain
-          Teringat atau terkenang masa lalu ini bisa menyebabakan seseorang menjadi sedih dan menangis. Contohnya seseorang yang sedang melihat foto anaknya yang telah lama hilang, dan teringat akan masa kebahagiaan saat keluarganya masih utuh, dan sebagainya.
-          Memiliki masalah yang rumit dan orang yang sedang punya masalah besar bisa jadi stress dan defresi sehingga membuat mentalnya tidak stabil. Dan jika dia gagal dalam menyelesaikan masalah ini terjadilah ketidaksehatan mental bagi seseorang ini maka dari itu dia  akan bersedih dan menangis karena  merasa sulit untuk menjalani hidup ini dan tidak ada yang membantu menyelesaikan masalah tersebut.
-          Gangguan jiwa, dan orang yang biasa orang yang sering sedih membuat jiwanya tdak stabil sehingga dia bisa di kategorikan orang yang tidak sehat jiwa (gila), maka dari itu dia akan sering ketawa, menangis,terharu,terkejut,terkesima,marah, takut dan lain-lain.
4.      Rasa rendah diri dan hilangnya kepercayaan kepada diri      
Rendah diri dapat berdampak sangat negatif pada kehiduan seseorang dan dapat mempengaruhi semua aspek keberadaanya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor bahwa seseiarng di pengaruhi oleh masa lalunya. Rendah diri menyebabkan rasa ketidakmampuan, tidak berharga, dan kurangnya percaya diri. Oleh karena itu daat menurunkan kualitas hidup seseorang dalam segala bentuknya. Hal ini juga membentuk dasar di mana seseorang menjadi tertekan, mempunyai kecendrungan bunuh diri, dan gangguan ketidaksehatan mental dan prilaku merusak diri sendiri, hasil akhir dari rendah diri biasanya menyebabkan degradasi diri, yang menghilangkan cara berpikir secara rasional. Karena rendah diri dapat berdampak besar pada kehidupan seseorang, maka sangat perlu untuk mengetahui penyebab rendah diri yang berpariasi di mana seseorang bisamengambil langkah-langkah yang di perlukan untuk mengembangkan nilai yang lebih positif. Adapun yang menyebabakan rendah diri atau hilangnya kepercayaan diri ini adalah
-          Hukuman dan pelecehan dapat menyebabkan seseorang akan merasa tersisihkan oleh orang lain.
-          Keritik secara berlebihan juga dapat menyebabkan seseorang kurang percaya diri.
-          Membandingkan dengan orang lain secara terus menerus akan daat menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri dan kemampuan.
-          Harapan dapat juga menyebabkan seseorang rendah diri bahkan putus asa.
-          Ekonomi dapat menyebabkan seseorang rendah diri misalnya seoarang yang miskin akan minder berteman dengan orang yang kaya dan menyebabkan orang yang miskin itu tadi merasa kurang percaya diri untuk berteman dengan orang kaya, Dan dia akan mengalami ganguan sosial dengan lingkungannya.
5.      Marah
Marah merupakan merupakan emosi yang tidak sehat, karena jika seseorang memiliki perasaan marah yang berlebihan maka dapat di kategorikan gangguan mental. Seseorang marah bisa saja di sebabkan karena kecewa,takut, tersinggung atau merasa terluka. Marah merupakan salah satu emosi yang cukup berbahaya. Namun di  beberapa kasus seseorang biasanaya marah tanpa sebab yang jelas. Dan jika menemui kasus seperti ini mak akan lebih baik jika anda mengetahui bahwa marah biasanay juga disebabakan oleh beberaa faktor di luar kendali seseorang. Diantaranya faktor marah secara tiba-tiba di sebabkan oleh:
-          obat tidur dengan pengrauh beberapa fungsi obat tidur ini bisa menambah kemarahan seseorang.
-          Depresi, akibat depresi seseorang dapat merasa sanagt marah, gelisah serta menyebabkan perasaan tidak berharga malu atau merasa bersalah.
-          Autisme, gangguan perkembangan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan otak secara normal serta ketrampilan sosial dan komunikasi. Banyak hal yang menstimulusi sensorik dapat meningkatkan  kemarahan penderita autisme.

Pengaruh kesehatan mental terhadap pikiran dan kecerdasan
1.      Pengaruh kesehatan mental terhadap pikiran
Di antara masalah yang sering mengelisahakn orang tua, adalah menurunnya kecerdasan dan kemampuan anaknya dalam pelajaran atau semangat atau semangat belajar anak tersebut menurun, jadi pelupa, dan tidak sanggup memutuskan perhatian terhadap anak tersebut. Mengenai pengaruh kesehataan mental atas pikiran, memang besar sekali. Di antara gejala yang bisa dilihat yaitusering lupa, tidak bisa mengkonsentrasikan pikiran tentang sesuatu hal yang penting, kemampuan berfikir menurun, sehingga merasa seolah-olah tidak lagi cerdas, pikirannya idak bisa di gunakan, kelemahan dalam bertindak, lesu, malas,tidak bersemanagat kurang inisiatif, dan mudah terpengaruh oleh krititkan-kritikanorang lain, sehingga mudah meninggalkan rencana baik yang telah dibuatnya hanya karena keritikan orang lain. Semuanya itu bukanlah suatu sifat yang datang tiba-tiba dan dapat di ubah dengan nasehat dan teguran saja, akan tetapi telah masuk terjalin ke dalam pribadinya yang tumbuh sejak kecil.
2.      Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan
Kecerdasan seseorang merupakan warisan dari orang tuanya. Hal ini telah terbukti dari berbagai penelitian yang dilakukan para ahli. Namun demikian, kecerdasan ini tidak akan berkembang bila tidak di dukung oleh lingkungan dan adanya kesempatan yang dapat merangsang kecerdasan tersebut.
            Adanya berbagai pengaruh kesehatan mental atas pikiran,diantaranya adanya perasaan sering lupa atau kurangnya konsentrasi dalam berpikir, dan sebagainya. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus maka ia akan menyebabkan ganguan kesehatan mental yang serius.
            Ada berbagai pengaruh kesehatan mental atas pikiran, di antarnya adanya perasaan sering lupa atau kurangnya konsentrasi dalam berpikir, dan sebagainya. Dan jika ini di biaran terus menerus maka seseorang itu akan mengalami gangguan kesehatanmental.
            Anak yang pemurung, bodoh merupakan gangguan ketenangan si anak. Dia menjadi tidak mamapu mengerakkan daya pikirnya sehingga dia kehilangan konsentrasinya dalam menerima pelajaran, inilah yang menyebabkan dia menjadi bodoh, jadi bukan karena dia benar-benar bodoh.
            Penyebab lain terganggunya ketenangan anak perlakukan orang tua yang terlalu mengekang kebebasan anak, terlalau memperdulikan anak yang sangat berlebihan dan anak pun tidak boleh berbuat apa-apa, suka membanding-bandingkan anak dengan anggota keluaraga yang lain yang lebih cerdas dari si anak, dan sebagainya,
            Terganggunya ketenangan anak di sebabkan perlakuan orang tua yang sering bertengkar. Menekang si anak, sering di pukul oleh ibubapaknya, karena dia malas belajar atau karena kenakalnnya. Suasana rumah dan perlakuan orang tuanya sangat menekan perasaan menyebabkan si anak merasa binggung dan mencoba mencari perlakuan orang dengan melakukan yang melarang.[1]






                                                                                   



[1][1] EGI_JoHaN_ BloG Spot,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar