Rabu, 16 Maret 2016

KegelisahanMasyarakatDalam GangguanKesehatan Mental

TUGAS INDIVIDU


          NAMA           : ANGGI SAPUTRA
          NIM                : 11442104531
          DOSEN          : M FAHLI ZATRAHADI
          MATA  K    : KONSELING KESEHATAN MENTAL

KegelisahanMasyarakatDalam
GangguanKesehatan Mental

Dalam kehidupan jasmani   seseoarng di katakan sehat apabila energy yang ada mencakupi daya tahan bagi tubuhnya sehingga kita memiliki kekuatan untuk menjalankan aktivitas-aktivitas dalam hidup dan kondisi badan pun terasa nyaman dan sehat. Dr.kartinikartono, mengatakan bahwa orang yang sehat mental ny amemiliki sifat-sifat khas, antara lain mempunyai kemampuan untuk bertindak secara opisien, memiliki tujuan hidup, memiliki konsep diri yang sehat, memiliki koordinasi antara segenap potensi dengan usaha-usahanya memiliki regulasi,dan batin yang selalu tenang.

Begitu pula dengan dengan ketenangan hidup, jika mental seseorang dikatakan seha tmaka orang tersebut akan mencari kebahagiaan dalam hudupnya, meskipun tidak mencapai semua yang diinginkan. Karena, untuk mencapai itu semua akan banyak rintangan yang terjadi. Sebagaimana yang dikatakan dalam pengertian dari kesehatan mental tersebutbahwa orang yang sehat mental nyaialah :

1.      Terhindarnya seseorang dari gejala-gejala gangguanjiwa dan gejala-gejala penyakit jiwa
2.      Kemaampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri dan orang lain serta lingkungan di mana ia hidup
3.      Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengambangkan dan memanfaatkan segal apotensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kebahgiaan kepada diri sendiridan orang lain.
4.      Terujudnya keharminisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, seerta mempunyai kemampuan untu kmenghadapi problem-problem yang biasa terjadi.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa orang yang terkena gangguan dari kesehatan mental, ialah seseorang yang mana dalam kehidupannya suatu konflik yang terdapat pada batin / jiwa seseorang tersebut, yang apabila seseorang telah terkenagangguan kesehatan mental maka itu akan sangat mempengaruh terhadap perasaan, tingkahlaku, pikiran/kecerdasan dan kesehatan pada diri seseorang tersebut.

Dengan uraian di atas tentu dalam kehidupan di masyarakat sering terjadihal-hal yang sedemikianrupa, yang mana tanpa disadar terkadang ternyata kita telah menyeleweng atau keluar dari suatu kebenaran yang tidak seharusnya terjadi dalam kehidupan kita bermasyarakat, sebab kita sebagai manusia tidak akan luput dari yang namanya masalah atau problema hidup.

Berikut;

v  pengaruhkesehatan mental terhadapperasaan di dalamkehidupanmasyarakat

a.       Rasa cemas  (gelisah)
Perasaan tidak menentu, panik, takut tanpa mengetahui apa yang ditakutkan dan tidak dapa tmenghilangkan rasa gelisah dan kecemasan itu. Seorang ibu akan gelisah, kerena anaknya terlambat pulang dari sekolah. Pikran sudah bermacam-macam, takut anaknya di culik,  , dan sebagainya. Si ibubingung, keluh kesah, mengeluh kesana kesini dan lekas pening atau dikarnakan harga makanan naik. Yang mana terlau banyak kegelisahan yang tidak pada tempatnya. Bukannya berpikir bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

b.      Irihati
Sering iri atas kebhagiaan yang di dapat orang lain, yang mana perasaan ini bukan karena kebusukan hati seperti yang biasa di sangka orang lain, tetapi dikarenakan ia sendiri tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.Seorang ibu iri kepada tetangganya yang melihat kebahagiaan keluarga tetangganya tersebut yang mana ibu dari anak-anak tetangganya tersebut begitu rukun dan damai terhadap kedua orang tuanya, sehingga si ibu selalu jengkel terhadap anak-anaknya dan membanding-bandingkan anaknya dengan anak tetangganya, dan si anak pun menjadi pembangkang terhada porangtuanya.Yang tidak di sadari itu adalah kelalaian dari kedua orang tua tersebut dalam mendidik anaknya.

c.       Pemarah
Marah sebenarnya adalah ungkapan dari rasa hati yang tidak enak, biasanya hal ini di sebabkan dari kekecewaan, ketidakpuasan atau tidak tercapainya suatu keinginan. Apabila seseorang sedang mengalami rasa tidak enak terhadap dirinya, maka sedikit saja suasana luar mengganggu ia akan marah. Bisa saja yang menjadi sasaran anak, istri, teman keluarga, dan orang di sekitar kita.Namun sesungguhnya dalam suasana tertentu terkadang kita perlu marah yang mana marah itu kita keluarkan dalam situasi dan kondisi yang tepat.

v  Pengaruhkesehatan mental terhadappikiran/kecerdasan.

Dalam penelitian telah banyak yang mengatakan bahwa kecerdasan seorang anak itu memang diwaris sesuai dengan hukum waris/keturunan, artinya kecerdasan seorang anak tiu di pengaruhi oleh kecerdasan orang tuanya, apabila seorang anak itu cerdas, kemungkinan besar  anak nya juga akan cerdas, dan itu terbukti. Akan tetapi, jika tidakmendapatkesempatandenganlingkungan yang baikuntukberkembang, makakecerdasanitutidakakanmencapaikemampuannya yang maksimal. Sepertibibittanaman yang baik, jikadibiarkantumbuh di atastanah yang kering, dantidak di rawat di biarkan di penuhirumput, makatanamantersebuttidakajkanmengahasilkanseperti yang di harapakan.

Mengenai pengaruh kesehatan mental terhadap pikiran memang besar sekali diantara gejala yang sering kita amati; sringlupa, tidak bisa mengkonsentrasikan pikirannya, kemampuan berpikir menurun, sehingga orang beranggapan seolah-olah ia tidak cerdas, dan sebagainya. Dan jiak kita dapati di sekolah seorang anak yang bodoh itu belum tentu ia bodoh amunmungkin ia tidak mampu menggunkan kecerdasannya akibat adanya ketidak tenangan jiwa pada dirinya. Bisa saja hal itu terjadi di sebabkan orang tuanya, yang dengan perlakuan yang terlalu keras, tidak banyak memperdulikan kepentingan sianak,suka membanding-bandingkan sianak dengan anak lain, dan sebagainya. Dan juga banyak sekali anak menjadi pemalas belajar dan bodoh di sekolah, karena orang tua sering berantem, atau tidak saling pengrtian dan penghargaan antara ibu-bapak.




v  Pengaruhkesehatan mental terhadaptingkahlaku( kelakuan ).

Ketidaktentramanhati, atau kurang sehatnya mental, sanagat  mempengaruhi kelakuan dan tindakan seseorang.Misalnya seorang yang merasa tertekan, atau gelisah cendrung aka nmengatasi perasaanya dengan jalan mengungkapkanny akeluar, akan tetapi tidak selamanya orang mendapatkan kesmpatan untuk itu, mungkin karena tidak berani seperti anak kecil yan gsering dimarahi dan di pukuli oleh ibu bapaknya. Kemarahan dan pukaln orang tua itu tidak menyengkan pada perasaan sianak, tapi ia takut untuk melawan, maka terjailah pertentangan batin pada diri sianak, dan untuk penyelesaian nya ia akan melakukan suatu tindakan yang tidak disenagi oleh orang tua, atau melampiaskan perasaannya yang tertekan itu kepada kawannya (berkelahi), mengganggu adik-adiknya ata umerusaj dan memecahkan barang-barang kepunyaan orang tuanya.

v  Pengaruhkesehatn mental terhadapkesehatanbadan.

Kalau dulu orang mengatakan bahwa mental yang sehat itu terletak dalam badan yang sehat, maka sekarng terbukti pula sebaliknya.Yaitu kesehatan mental menentukan kesehatan badan.Akhir-akhir ini bayak terdapa tpenyakit yang dinamakan psychosomatic, yaitu jenis penyakit badan yang di sebabkan oleh mental.


Contohnya seorang ibu menderita penyakit jantung selama beberapa tahun.Selama itu ia teru sberhubunga ndengan dokter yang mencoba merwatnya, disamping itu ia juga memintana sehat dan obat-obatan kedukun-dukun, namun tiada hasil, sehingga rasa kepercayaan pada  dirinya pun hilang, namuns etelah di teliti latar belakanghidup dan pengalaman-pengalaman yang di lalui nya  ternyata, terbuktilah bahwa penyakit yang di deritanya selama ini bukanlah penyakit yang di sebabkan olehadanyasakit/kerusakan padajantungnya, akan tetapi karena tekanan-tekanan perasaan yang di alami dalamkeluarga. Dia kurang mampu memehami suaminya, dan tidak banyak berdiskusi mengungkapkan perasaan-perasaan yang dialaminya kepada siapapun.Baik suami maupun orang tunya sendiri.Semua perasaan yang mengganggu pikiran danketenanganbatinnya  ditanggungnya sendiri sehingga menyebabkan jantungnya terganggu, dan menjadi penyakitbagi drinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar