Rabu, 23 Maret 2016

Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Perasaan

FITRI SUSANTI
11442204276
KESEHATAN MENTAL

A.    Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Perasaan
1.      Cemas
Yang menyebabkan orang menjadi cemas ialah khayalan dia terhadap sesuatu jauh lebih tinggi dibandingkan kenyataan nya, ataupun karna faktor tertentu yang harus dia penuhi untuk kebutuhan hidupnya. Contohnya saja, ketika sepasang keluarga yang baru menikah berbeda tingkat kecemasannya dengan yang sudah lama menikah. Yang baru menikah mereka tidak memiliki kecemasan karna suami hanya menanggung istri saja. Tetapi berbeda dengan yang sudah lama menikah atau yang sudah memiliki anak karna sang suami harus menafkahi istri dan anak – anak nya. Apalagi pada zaman sekarang ini yang mana biaya hidup jauh lebih tinggi atau faktor ekonomi jauh lebih pesat meningkat di bandingkan pendapat seseorang. Inilah salah satu yang menyebabkan orang menjadi cemas dan mempengaruhi kesehatan mentalnya.
2.      Iri Hati
Perasaan ini sering muncul kepada diri seseorang tanpa disadari, perasaan ini muncul dikarenakan seseorang terlalu menuntut seperti apa yang seseorang itu inginkan padahal kenyataannya orang itu tidak mampu untuk mewujudkannya. Misalnya seorang istri yang menuntut kepada suaminya tentang tetangga yang dia liat itu mempunyai barang bagus dan istri tersebut ingin memilikinya juga. Tetapi pendapatan suami tidak lah cukup untuk memenuhi permintaan istri nya. Maka istri pun meminta suami untuk memenuhi keinginannya bagaimana pun caranya agar istri bisa memiliki sesuatu yang dimiliki tetangga nya itu. dari contoh itu saja sang istri sudah memiliki rasa iri hati, sang istri tidak mau bersyukur terhadap kehidupannya dia selalu memandang diatasnya sehingga dia yang merasa kesulitan sendiri untuk menyaingi itu. masih banyak lagi faktor penyebab iri hati yaitu, iri terhadap kecantikan seseorang, kekayaan seseorang, kepintaran seseorang, kemampuan seseorang, dan masih banyak lagi yang menyebabkan rasa iri hati itu timbul. seharusnya kita selalu bersyukur atas apa yang kita punya tidak selalu menuntut sesuatu diluar kemampuan kita, agar kita dapat terhindar dari rasa iri hati tersebut.
3.      Sedih
Perasaan ini muncul ketika sesuatu yang menjadi milik kita harus hilang begitu saja ataupun sesuatu yang kita harapkan tidak menjadi kenyataan. Contohnya ketika kita menginginkan sesuatu tetapi kita tidak bisa memenuhi nya maka kita akan merasa sedih.
4.      Rendah Diri
Yang menyebabkan orang menjadi rendah diri adalah mereka menganggap bahwa  dirinya itu tidak  dibutuhkan oleh orang lain atau dia tidak berpikir bahwa dia tidak memiliki kemampuan apapun . Contohnya saja seorang siswa yang selalu dikucilkan oleh teman – temannya dia beranggapan bahwa dirinya tidak mempunyai kemampuan ataupun bakat seperti teman – temannya. Jadi dia merasa rendah diri, dia tidak mau bergaul dengan teman – teman sekelasnya ataupun lingkungan sekitarnya karna dia menganggap bahwa ada atau tidaknya dia tidak mempengaruhi orang sekitarnya itu. sebenarnya perasaan rendah diri ini tidaklah bagus karna setiap manusia itu tidak ada yang bodoh mereka diciptakan oleh Allah sudah mempunyai kemampuan atau bakat nya masing – masing tergantung manusia tersebut untuk menemukan bakat nya itu sendiri. Jadi kita sebagai manusia harus membuang perasaan rendah diri itu jauh – jauh dari diri kita sendiri karna itu akan merusak mental kita kedepannya.
5.      Pemarah
Yang menyebabkan orang menjadi pemarah adalah stress, tuntutan dari pekerjaannya, dan tuntutan-tuntutan yang lain yang tidak dapat dipenuhi olehnya. Orang yang tinggal  di kota jauh lebih pemarah dibandingkan dengan orang yang tinggal dipedasaan.mengapa bisa seperti itu ? itu dikarenakan orang yang tinggal di kota terlalu dituntut oleh lingkungannya seperti pekerjaan, kehidupan yang wah, dan masih banyak lagi yang memimbulkan orang yang tinggal dikota stress, sedangkan orang yang tinggal di desa  jarang sekali memiliki sifat pemarah. Karna di desa tidak ada sifat untuk menuntut mereka.
B.     Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Kecerdasan
Kecerdasan juga berpengaruh terhadap kesehatan mental, misalnya saja orang yang terlalu cerdas dia akan terus fokus untuk belajar, dan tingkat stressnya jauh kebih besar karna dia selalu ditekan untuk menjadi orang cerdas dan merasa was – was jika dia gagal melakukan sesuatu. Tapi jangan berpikir kalau orang yang tidak cerdas mentalnya sehat. Tidak juga seperti itu. Orang yang IQ nya dibawah rata – rata mentalnya juga terganggu karna dia akan merasa dikucilkan oleh teman – teman sekitarnya dan lingkungan sekitarnya bahwa dia tidak memiliki kemampuan apapun. Sehingga timbullah perasaan rendah diri. Dan dia beranganggapan bahwa dirinya itu tidak berguna. Dan orang yang kecerdasannya  rata – rata pun mentalnya belum bisa dijamin sehat. Jadi tergantung diri masing – masing saja untuk menyikapi lingkungan sekitar .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar