Rabu, 16 Maret 2016

KEGELISAHAN PADA MASYARAKAT YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KETIDAKSEHATAN MENTAL

NAMA:           ENDANG YAROH
JURUSAN:     BIMBINGAN KONSELING ISLAM


Salah satu penyebab ketidaksehatan mental yaitu efek globalisasi yang dialami oleh masyarakat baik dari kalangan menengah keatas ataupun menegah kebawah. Apabila masyarakat tidak mampu mengatasi efek dari globalisasi maka mereka akan mengalami gangguan jiwa seperti penggunaan internet yang salah ataupun berlebihan. Siapa sih yang tidak tahu apa itu internet?? Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis. Sebenarnya internet ini sangat banyak membantu masyarakat baik dalam berkomunikasi, belajar, maupun bekerja. Tapi sangat disayangkan bahwa banyak pula masyarakat yang menyalahgunakan internet seperti penculikan, pembuhuhan, perjudian, perselingkuhan, dan lain sebagainya.
Banyak sekali kejahatan akibat dari internet ini sehingga banyak pula orang tua/masyarakat yang menjadi gelisah dan melakukan berbagai upaya agar anak-anak mereka tidak terjerumus ke dampak internet yang negatif. Salah satu upaya yang sering dilakukan orang tua untuk anaknya yaitu mengontrol atau membatasi anak dalam penggunaan internet. Tapi adapula orang tua yang mengekang anaknya dalam hal ini. Tindakan seperti ini lah yang merupakan gangguan jiwa/ketidaksehatan mental karena mau bagaimanapun baik anak maupun orang tua harus mengikuti perkembangan zaman dalam kata lain agar tidak GAPTEK sebab gaptek pun merupakan ketidaksehatan mental karena tidak mampunya seseorang dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga membuat dia tertinggaldari yang lainnya.
Kegelisahan yang lainnya yaitu pembunuhan. Pembunuhan ini bisa terjadi melalui internet dengan berbagai situs seperti bbm, facebook, twitter, line, dsb. Seorang pembunuh ini melakukan perbuatan kejinya mungkin karena beberapa faktor seperti dendam, percintaan, bisnis, ataupun iseng yang berujung pada kematian. Maksud iseng yang berujung kematian yaitu sering kita lihat di televisi ataupun berita seorang wanita tewas karena berkenalan dengan dengan seseorang yang tak dikenal melalui facebook. Awalnya berkenalan terus sering chatting, kerana penasaran lalu memutuskan untuk berjumpa disuatu tempat. Mungkin pada saat berjumpa si cowok suka dengan si cewek tapi si cewek malah sebalikannya dan menolak si cowok. Karena tidak terima maka si cowok marah dan kehingan akal sehatnya lalu melakukan perbuatan keji seperti memperkosa si cewek, karena panik telah melakukan hal tersebut dan takut si cewek melaporkannya kepihak yang berwajib maka si cowokpun membunuhnya. Sebab si cowok ini berpikiran bahwa dengan mengakhiri hidup si cewek maka berakhir pula masalah yang dihadapinya. Padahal itu sama sekali tidak benar dan akan menimbulakan masalah-masalah lainnya.
            Kegelisahan selanjutnya yaitu menyangkut masalah ekonomi. Siapa sih yang tidak mempunyai masalah ekonomi pada saat sekarang ini? Pasti setiap orang/masyarakat mengalami masalah ekonomi baik itu masyarakat yang tidak mampu, kurang mampu, maupun orang yang mampu sekalipun. Dan untuk mengatasinya, masyarakat memiliki dua jalan yaitu jalan baik dan jalan buruk. Jalan baik ini seperti orang-orang yang memiliki pemikiran dan jiwa yang sehat, orang-orang seperti ini akan melakukan hal-hal yang tidak dilarang oleh agama maupun menentang moral mereka. Mereka bisa saja meminjam uang pada bank ataupun orang lain untuk modal membuka usaha. Tetapi hal ini tidak akan dilakukan oleh orang yang tidak memiliki jiwa/mental yang sehat. Mereka lebih cenderung putus asa dan melakukan hal-hal yang merugikan bagi dirinya, keluarganya, maupun orang lain. Hal-hal yang mereka lakukan seperti mencuri, merampok, menipu, berjudi,  dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar