Rabu, 16 Maret 2016

PENYEBAB GANGGUAN MENTAL PADA MASYARAKAT

NAMA           :DHARMA FADILLAH
KLS                 :BKI KM (IV A)
NIM               :11442106192


PENYEBAB GANGGUAN MENTAL PADA MASYARAKAT
Sebelum kita mengetahui penyebab gangguan pada masyarakat alangkah lebih baik nya kita mengenali dan mengetahui apa itu kesehatan mental.
KESEHATAN MENTAL
Kesehatan mental adalah terujutnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa , serta mempunyai kesanggupan untuk menhadapi peroblema-problema yang biasa terjadi, serta terhindar dari kegelisahan dan pertentangan batin (konflik).
   Defenisi ini menunjukan bahwa fungsi-fungsi jiwa seperti pikiran,sikap,pandangan dan keyakinan harus saling menunjang dan bekerja sama sehingga menciptakan keharmonisan hidup, yang menjauhkan orang dari sifat ragu-ragu dan bimbang,serta terhindar dari rasa gelisah dan konflik batin.

        Pada dasar nya individu atau manusia itu bertingkah laku karna untuk mencapia kebutuhannya oleh sebab itu tingkah laku manusia itu merupakan suatu pengomdisian dari kebutuhannya dan apabila kebutuhan itu tidak terpenuhi maka individu tersebut akan menjadi kacau,gelisah dan menyebabkan ketegangan dan juga bisa menyebabkan gangguan jiwa pada taraf yang rendah.

Contohnya:
      Pada saat seseorang tidak mampu meluapkan emosinya kepada orang yang di tujunya atau dia memendam perasaan amarah kepada orang lain maka dia akan dikatakan tidak sehat mentalnya yang lama kelamaan akan berdampak pada frustasi dan juga gangguan jiwa

 Ada beberapa faktor kebutuhan manusia yang apabila tidak terpenuhi akan menyebabkan gangguan pada manusia itu sendiri atau masyarakat:
·         Biologis
·         Humanistik
·         Spritual







Biologis
   Kebutuhan biologis adalah kebutuhan yang sering kalinkita jumpai seperti makan,minum,perlindungan,pakaian,tidur dan lain sebagainya.
Jika kebutuhan biologis ini tidak terpenuhi oleh individu atau masyarakat mak hal tersebut menyebabkan ancaman bagi dirinya sendiri daqn juga eksitensi. Bila kebutuhan kebutuahan tersebut sering kali diabaikan akan menimbilkan ketegangan dan kegocangan pada individu tersebut atau masyarakat

 Humanistik

   Humanistik adalah kebutuhan sesama manusia yang artinya suatu individu tidak dapat hidup tanpa individu lain dan individu yang satu harus bisa memehami individu yang lainnya
Seperti perbedaan kultur dan budaya inilahlah salah satu penyebab ketidak sehatan mental masyarakat apabila suatu individu tidak bisa memehami atau beradabtasi dengan masyarakat sekitarnya.
Sebab dalam kesehatan mental ada namanya adjustment yang artinya adalah penyesuaian diri.
     Pada perinsipnya ada tiga hubungan bagi diri peribadi seseorang yang harus di sesuaikan  agar seseorang itu bisa dikatan sehat secara mental :
1.hubungan diri sendiri dengan manusia yang lainnya
2.hubungan diri sendiri dengan dunia
3.hubungan diri sendiri dengan tuhan

Spritual
Spiritual adalah hubungannya dengan Yang Maha Kuasa dan Maha pencipta, tergantung dengan kepercayaan yang dianut oleh individu. Oleh sebab itu seorang individu harus mendalami agama nya (islam) karna agama itu adalah berasal dari bahasa sangsakerta yang mana A itu berarti tidak dan GAMA itu berarti kacau jadi agama itu berarti (tidak kacau)
 Dapan di katakan bahwasanya apabila seseorang berpegang pada agamanya (islam) pasti dia tidak akan merasakn kekacauan hidup di dunia dan di akhirat.
     Ada seorang dosen mengatakan apabila orang barat meninggalkan agamanya maka orangitu semakin bagus dan apabila orang muslim meninggalkan agamanya maka dia semakin hancur dan terpuruk. Saya pun meyakini hal tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar