Rabu, 23 Maret 2016

kesehatan mental masyarakat

NAMA           : JULPA DELNO FENGKI
NIM                : 11442106016
KLS                : IV KM A
TUGAS          : TUGAS KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT



Pengaruh kesehatan mental terhadap perasaan
Diantara gangguan perasaan yang disebabkan oleh karena terganggunya kesehatan mental adalah :
  • Rasa cemas dan gelish
Perasaan tidak menentu, panik, takut tanpa mengetahui apa yang ditakutkan dan tidak dapat menghilangkan perasaan gelisah dan mencemaskan itu.
  • Iri hati
Perasaan ini bukan karena kebusukan hati seseorang melainkan ia sendiri tidak dapat merasakan kebahagiaan hidup.
  •  Rasa sedih
Rasa sedih yang tidak beralasan atau terlalu banyak hal hal yang menyedihkannya sehingga air mukanya selalu membayangkan kesedihan, kendatipun ia seorang yang mampu berpangkat dihargai orang dsb.
  • Rasa rendah diri dan hilangnya kepercayaan kepada diri.
Rasa rendah diri ini membuat orang lekas tersinggung karena itu ia akan menjauhi pergaulan dengan orang banyak menyendiri tidak berani mengemukakan pendapat tidak berani bertindak atau mengambil inisiatif. Lama-kelamaan hilanglah kepercayaan kepada dirinya dan selanjutnya ia juga akan kurang percaya pada orang lain ,ia lekas marah dan sedih. Rasa rendah diri akan menyebabkan orang menjadi suka mengkritik orang lain , tingkah lakunya menjadi sombong. Dalam pergaulan menjadi kaku kurang disenangi kawan kawannya mudah tersinggung dan tidak banyak ikut aktif dalam pergaulan dan pekerjaan.




  • Marah.
Marah adalah ungkapan dari rasa hati yang tidak enak biasanya akibat kekecewaan ketidak puasan atau tidak tercapainya keinginan. Ragu dan bimbang adalah akibat dari kurang sehatnya mental dan lambat laun mungkin akan menimbulkan pertentangan batin. Disamping itu banyak lagi perasaan perasaan yang tidak membawa pada penyesuaian lingkungannya. Semuanya dapat dikatakan bahwa sebabnya adalah kurang sehatnya mental.
Pengaruh kesehatan mental terhadap pikiran dan kecerdasan
pengaruh kesehatan mental atas pikiran, memang besar sekali. Di antara gejala yang bisa dilihat yaitu sering lupa, tidak bisa mengkonsentrasikan pikiran tentang sesuatu hal yang penting, kemampuan berfikir menurun, sehingga merasa seolah-olah tidak lagi cerdas, pikirannya tidak bisa digunakan, kelemahan dalam bertindak, lesu, malas, tidak bersemangat

ini lah merupakan ketidak sehatan dalam berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar