Rabu, 16 Maret 2016

Penyebab Kegelisahan Masyarakat Yang Menyebabkan Terjadinya Gangguan Kesehatan Mental Masyarakat

Fitri Susanti
11442204276
Kesehatan Mental Masyarakat

Penyebab Kegelisahan Masyarakat Yang Menyebabkan Terjadinya Gangguan Kesehatan Mental Masyarakat
1.      Pengangguran
Setiap tahunnya berbagai perguruan tinggi di Indonesia meluluskan ribuan sarjana yang diluluskan oleh perguruan tinggi. Namun sayang, dari sekian banyak sarjana yang lulus sebagian besar dipastikan akan menjadi pengangguran. Itu baru dari golongan sarjana saja masih banyak kalangan lagi yang tidak bekerja. Alasan ini lah yang membuat masyarakat mengalami kegelisahan dan menyebabkan mental masyarakat terganggu.
2.      Ekonomi
Pada zaman yang maju sekarang ini banyak kebutuhan – kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat baik itu kebutuhan primer, sekunder bahkan kebutuhan tersier pun harus dipenuhi oleh mereka. Keinginan untuk memenuhi itu ada tapi tidak sedikit masyarakat yang tidak dapat memenuhi keinginannya atau bahkan mereka dapat memenuhi keinginannya tetapi cara mereka memenuhinya itu dengan memaksakan diri mereka sendiri. Contohnya saja pada masyarakat golongan menengah kebawah yang merantau ke kota dengan tujuan untuk mengadu nasib di kota tapi apa yang mereka pikirkan tidaklah sama dengan kenyataan, ternyata kehidupan dikota itu begitu kejam dan keras.
Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka di kota mereka harus memiliki uang. Dan niat awal mereka kekota adalah untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di kota tapi dari sekian banyak mereka melamar pekerjaan tidak ada satu pun yang di terima sedangkan dia butuh uang untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan itu misalnya rasa lapar, tetapi mereka tidak memiliki uang, untuk memenuhi keinginan itu tidak sedikit orang menggunakan jalan pintas untuk memenuhi kebutuhannya, jika tidak ada sesuatu lagi yang dapat menghasilkan uang tetapi mereka sangat membutuhkan uang itu untuk memenuhi rasa lapar itu mereka akan mencuri apapun yang dapat mereka curi dan mereka tidak memandang berapa banyak hasil dari curian nya itu. apabila  dia melakukan pencurian pertamanya mulus atau tidak ketahuan oleh orang lain. Dia akan berpikiran pendek dan mengulangi perbuatannya itu sampai pada akhirnya tidak ada lagi rasa penyesalan pada dirinya sendiri dan dia juga tidak memikirkan resikonya.
3.      Broken home
Didalam hubungan rumah tangga tidak selamanya harmonis tergantung bagaimana pasangan suami istri itu memahami satu sama lain, jika didalam rumah tangga itu sudah tidak harmonis lagi dan tidak dapat diselesaikan lagi otomatis jalan keluar satu – satunya yaitu perceraian. Perceraian ini tidak hanya berdampak pada suami dan istri saja bahkan anak mereka pun akan merasakan juga dampaknya, seperti dikucilkan oleh teman sekolah dan juga lingkungan tempat mereka tinggal, contonya saja anak – anak yang mempunyai orang tua tunggal dia akan merasa iri dengan temannya yang memiliki orang tua lengkap dia akan merasa kuranngnya kasih sayang yang diberikan orang tua tunggalnya, dan kurangnya waktu untuk mereka bersama lagi. Dari kasus ini maka si anak akan mencari hiburan sendiri kalau hiburannya itu bersifat positif maka kita tidak perlu khawatir tetapi jika hiburannya itu bersifat negatif ini yang harus kita waspadai. Tidak sedikit anak-anak yang terjerumus oleh lingkungan yang mengajarkan dia untuk melakukan yang tidak – tidak.
Contohnya saja seorang anak yang merasa kesepian karna orang tua tunggalnya tidak banyak waktu bersama dia sebab orang tuanya sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka, maka anak itu akan bergaul dengan teman – teman yang  salah dan temannya itu akan mengajari dia keperbuatan yang seharusnya tidak dia lakukan. Contohnya saja mereka akan mengajak si anak untuk merokok karna bagi mereka jika mereka menghisap rokok maka semua masalah yang ada di pikiran mereka akan hilang dan mereka merasa senang. Si anak itu pun mencoba apa yang disarankan oleh teman- temannya ternyata memang benar bagi sianak kalau dengan merokok pikiran dia akan tenang. Lalu sianak yang tanpa berpikir panjang dan ditambah lagi kurangnya pengawasan dari orang tua tunggalnya yang terlalu fokus dengan pekerjaan dan rutinasnya nya akan mengikuti saran yang diberikan  oleh temannya. Awalnya menghisap rokok itu sebagai pelampiasan ketika dia bosan, merasa kesepian atau ketika ada masalah aja dia menghisap rokok untuk menghilangkan stress yang ada di pikirannya, tetapi karna didalam rokok itu mengandung zat adiktif yang membuat orang candu jika menghisapnya otomatis anak itu tidak bisa melepaskan rokok dan itu sudah menjadi kebutuhan dia yang harus dipenuhi setiap hari. bukan hanya rokok saja terkadang teman – temannya juga menawarkan narkoba dan sianak itu pun mencobanya yang membuat dia ketagihan. Jika dia tidak mengkonsumsi narkoba atau pun rokok dia akan merasakan ada sesuatu yang kurang dan harus segera dipenuhi. Tetapi dia tidak dapat untuk memenuhinya sehingga dia akan menjual miliknya apa saja itu yang bisa menghasilkan uang untuk bisa membeli narkoba dan rokok itu . jika dia tidak memiliki apapun lagi maka dia akan berpikiran untuk mencuri, dll. Pada akhirnya sianak terjerumus kedalam kenakalan remaja.

      Itulah beberapa penyebab kegelisahan masyarakat yang menyebabkan kesehatan mentalnya terganggu. Karna untuk memenuhi sesuatu yang kita butuh kan di luar kemampuan kita danjika kita terus bersih keras untuk mewujudkan sesuatu itu dengan jalan apapun otomatis kesehatan mental kita sudah terganggu. Oleh karna itu agar mental kita sehat dan kita tidak terjerumus ke hal yang tidak kita inginkan.  kita harus mensyukuri apa yang ada pada kita jangan memaksakan sesuatu diluar kemampuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar