Rabu, 23 Maret 2016

Kesehatan Mental Masyarakat

NAMA           : TAMI MEISARAH
NIM                : 11442204545
KELAS          : BKI KM IV A
TUGAS          : KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT
DOSEN          : FAHLI ZATRAHADI, M.Pd



Penyebab manusia mengalami cemas
Sebelum kita membahas tentang penyebab manusia mengalami cemas, lebih baik kita mengetahui dulu apa arti cemas. Cemas adalah suatu reaksi individu seperti takut, gelisah, tidak tenang terhadap sesuatu yang akan di hadapi atau yang akan terjadi. Cemas bisa terkena kepada seorang individu dikarenakan:

1.      Stress
Padatnya aktivitas yang dijalani seorang individu dapat memicu timbulnya stress. Stress banyak dialami oleh orang dewasa yang menjalani aktivitasnya karena tuntutan karir bukan karena kenginginan atau kesenangan hatinya. Stress yang berlebihan akan menimbulkan perasaan cemas yang ditandai dengan rasa takut, jantung berdebar, tidak bisa tidur, dll.

2.      Genetika
Gangguan kecemasan bisa saja terjadi karena adanya turunan keluarga yang dulunya mengalami gangguan kecemasan.

3.      Traumatik
Kejadian masa lalu yang yang buruk dan menyebabkan trauma dapat mempengaruhi individu mengalami cemas, ketika suatu saat individu tersebut teringat akan kejadian yang membuatnya trauma tersebut ia akan mengalami cemas.

4.      Penyakit atau Kecelakaan
Sebagian orang yang mengidap penyakit parah atau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera dapat mengalami kecemasan seperti jantung berdebar-debar, kejang-kejang,dll. Kecemasan ini terjadi karena individu tersebut terlalu khawatir, takut, gelisah dengan penyakit atau cedera yang ia alami tersebut.

Penyebab manusia mengalami sedih
Hampir semua orang pasti pernah merasakan sedih. Sedih merupakan perasaan seseorang ketika mengalami kejadiaan yang kurang baik atau kejadian yang tidak diinginkan. Orang yang mengalami sedih ditandai dengan tidak adanya semangat, sering menyendiri, selalu menangis dan juga berdiam diri. Sedih bisa terjadi ketika seseorang mengalami kejadian seperti:

1.      Menghadapi masalah besar atau sulit
Masalah yang membuat kita terus kepikiran dan tidak tau cara menyelesaikannya akan membuat kita merasa sedih seperti masalah keluarga, masalah keuangan, dll.


2.      Terkena penyakit parah
Seseorang yang divonis mengidap penyakit kronis yang misalnya seperti kanker, akan merasa drop dan merasa sangat sedih.

3.      Kehilangan barang atau orang yang sangat berharga
Banyak orang yang ketika kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidupnya akan mengalami kesedihan bahkan stress. Seperti misalnya kita terkena musibah dimaling dan kehilangan banyak harta benda kita atau ketika kita mengalami musibah ada keluarga yang meninggal, dll.

4.      Teringat kenangan masa lalu
Ketika seseorang mengenang masa lalu nya yang indah, bahagia, lebih baik dari pada kehidupan nya sekarang, akan merasakan sedih karena ia tidak dapat kembali ke masa lalunya tersebut.

5.      Putus Cinta
Kebanyakan remaja yang mengalami putus cinta akan merasakan sedih bahkan menangis. Ia merasa sedih karena indahnya percintaan yang ia jalani dulu tidak akan ia rasakan lagi bersama pasangannya tersebut.

Penyebab iri hati
Iri hati adalah perasaan tidak senang terhadap orang lain yang mempunyai harta atau jabatan yang lebih dari kita atau melihat orang mendapatkan rejeki atau nikmat yang lebih dari kita. Iri hati dapat timbul karena zaman semakin berkembang, teknologi semakin canggih dan persaingan semakin ketat.
Banyaknya individu yang selalu merasa tidak puas dan ingin terus mengejar kepentingan dunia namun lupa dengan kepentingan akhirat. Ketika seseorang berhasil menggapai keinginannya, ada saja orang yang merasa tidak senang karena ia berfikir bahwa orang itu berhasil duluan dari pada saya dan orang ini berfikir bagaimana cara agar bisa berhasil melebihi orang tersebut.

Penyebab seseorang menjadi pemarah
Marah bisa diartikan dengan emosi yang disampaikan dengan sangat meluap-luap. Orang yang sering marah-marah disebut sebagai pemarah. Yang menyebabkan orang menjadi pemarah:
1.      Stress karena aktivitas yang padat
2.      Depresi yang sangat berat
3.      Keinginan yang tidak selalu tercapai atau terpenuhi
4.      Kejadian yang tidak di harapkan

Penyebab hilangnya kepercayaan diri
            Percaya diri sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas kita. Namun banyak orang yang mulai merasa kehilangan percaya diri disebabkan karena:



1.      Fisik yang tidak sesuai keinginan
Penampilan fisik seseorang selalu menjadi perhatian orang banyak. Kekurangan yang ada di fisik sering kali membuat banyak orang yang kehilangan rasa percaya diri. Banyak orang yang rela operasi demi mendapatkan fisik yang sesuai dengan keinginannya.

2.      Latar belakang ekonomi
Banyak orang yang ekonominya kurang bagus merasa minder dan tidak percaya diri.

3.      Ejekan atau cacian
Ketika seseorang dihina, maka orang tersebut akan langsung minder dan bahkan malu terhadap diri nya sendiri.



Pengaruh kesehatan mental terhadap kecerdasan

Seseorang dapat dikatakan sehat mentalnya jika ia terhindar dari gejala gangguan jiwa dan rasa gelisah, cemas, khawatir yang berlebihan. Kesehataan mental sangat berpengaruh terhadap kecerdasan karena jika mentalnya sehat daya pikir seseorang akan selalu bagus dan akan menghasilkan suatu pikiran yang bernilai positif.
Kecerdasan selalu kita pakai dalam setiap kesempatan, baik itu di dunia pendidikan, karir, dll. Jika mental kita tidak sehat, maka kecerdasan kita pun setidaknya akan terganggu yang bisa dilihat dari gejala-gejala fisik seperti:
1. Sulit berkonsentrasi
2. Sering tidak fokus
3. Kemampuan berfikir semakin melemah
4. Sering lupa
5. dll

Untuk menjaga kesehatan mental kita, hindarilah aktivitas yang membuat kita stress berlebihan. Sempatkanlah waktu untuk merefresing otak agar tidak terlalu stress serta istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh kita agar tetap selalu fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar