Rabu, 16 Maret 2016

SARJANA PENGANGGURAN


NAMA                                    :           RIKA YULINDA
NIM                                        :           11442204468
JURUSAN                              :           BIMBINGAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS                           :           DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI

 SARJANA PENGANGGURAN
            Setiap manusia pasti tidak akan luput pada permasalahan. Permasalahn tak hanya datang pada oramg kota juga terjadi pada orang desa, bukan terjadi pada orang kaya saja orang miskin juga begitu, terjadi juga pada orang yang tak  berpendidikan orang pendidikan sama hal memiliki permasalahan. Hanya saja setiap masalah yang dihadapi oleh setiap individu berbeda-beda. Disini saya akan memaparkan suatu masalah yang terdapat pada masyarakat, yaitu seorang lelaki yang sudah menamatkan S1 HUKUM sejak tahun 2012 yaitu seorang alumni mahasiswa UNRI. Sejak ia lulus sampai saat ini dia masih menganggur tak tau apa sebab dia menganggur?, entah punya alasan tersendiri saya juga tidak tau sedikit info yang saya tau dia adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan yang cukup baik. setelah dia menamat kan SERJANA HUKUM banyak tawaran kerja yang datang padanya daiantaranya bekerja di kantor gubernur, kantor bupati, ditawarkan bekerja di suatu PT, dan pernah juga pernah ditawarkan menjadi seorang asisiten dosen karena nilai nya cukup baik yaitu dengan IP 4.0. wah, itukan luar biasa bagi saya karena mendapatkan IP tinggi itu tak mudah!. Saya juga pernah sedikit berbincang pada dia, saat saya masih duduk dikelas 2 SMA pada saat itu saya belum mengerti tentang ilmu bimbingan konseling islam ini, ketika itu saya hanya menjadi pendengar baik dia. dia mengatakan “ saya bisa bekerja ditempat itu hanya saja saya memikirkan masyarakat saya, saya tak mau bekerja untuk diri saya saja, saya mau memajukan desa ini juga kalau bukan kita siapa lagi” tutur seorang serjana terserbut, itulah menjadi alasan bagi dia untuk menolak pekerjaan tersebut, pada saat itu saya hanya bisa meng-ia kan saja semua yang ia katakana itu, dia juga mengatakan ia ingin menjadi seorang Dewan, dengan menjadi seorang dewan itulah ia bisa membantu masayarakatnya.
            Pada tahun 2014 yaitu tepat pada pemilihan Presiden dan legislative, ternyata dia adalah seorang calon legislative yaitu partai Bulan Bintang, pada saat itu saya juga berpatisiapasi pemilihan umum(pemilu) tersebut. Setelah sauara dihitung menentukan pemenanangnya ternyata dia kalah , dan adek sepupu juga mencalonkan anggota dewan tersebut yaitu partai gerindra mendapatkan banyak suara. Semenjak itu dia sibuk dengan dirinya tetapi juga masih belum bekerja, dengar kabar dari kel;uarganyta bahwa dia sering berkomunikasi dengan seorang dukun, dan banyak menghabiskan uang dengan dukun, entah tujuan apa? Saya juga tidak tau. Semakin lama semakin aneh saja semenjak dia berkomunikasi dengan dukun tersebut. Yang biasanya solat lima waktu selalu ia kerjakan, kini tak lagi dikerjakannya. Ada suatu masa yang menurut saya aneh mendengarkan dari kabar seorang serjana tersebut dia sudah percaya dengan suatu yang berbau gaib, yaitu menyediakan minuman kopi hitam untuk seorang yang datang dengan berjuba putih , dia mengatakan kepada nenek  nya ,bahawasannya orang yang berjuba putih tersebut akan meminumnya, neneknya hanya terdiam saat ia lontarkan perkataannya tersebut, karena cucunya tersebut tidak bissa dinasehati lagi. Mendengar seperti itu saya juga sedih  melihat keadaan tersebut. Karena dia juga abang sepupu saya.
            Ketika saya pergi kerumahnya mengantarkan adek saya mengaji, dia ada juga dirumah lalu dia menanyakan tetang jurusan saya, dan dia bertanya” Orang gila seperti apa yang dikategorikan gila apa seperti saya “ ? dia mengatakan itu , saya senyum dengan perkataan seperti itu.
            Hari esoknya saya bertemu dia lagi lalu dia mengatakan ingin mengambil S2 lagi, karena dia juga malas mendengar omelan dari ibunya, lalu saya bertanya “ pekerjaan apa yang abang mau ambil”, dia mengatakan “apa saja lah yang penting besok bekerja dan tidak diomeli lagi”.

            Sekilas masalah yang saya papar kan, mengenai pengangguran. Pengangguran adalah salah satu masalah yang populer terjadi disekitar masyartakat kita, apalagi di masyarakat Indonesia. Dampak yang terjadi karena pengangguran terjadinya pemicu tindakan kriminalitas, karena harus memenuhi kehidupan nya maupun kehidupan keluarganya. Sebenar nya pengangguran tidak hanya terjadi karena kekurangan lapangan pekerjaan, melainkan kurangnya kesadaran seseorang untuk bekerja.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar