Rabu, 23 Maret 2016

Kesehatan Mental

Nama: Elvita  Apriliani
Yang menyebabkan seseorang menjadi:

1.      Cemas
Yang menyebabkan seseorang merasa cemas ada banyak, salah satu nya bisa saja cemas akan seseorang, cemas  akan sesuatu, dan cemas akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Contohnya: orangtua yang cemas akan ditinggal oleh anaknya karna ingin merantau ke kota lain
2.      Iri hati
Iri hati adalah salah satu gangguan kesehatan mental. Karna agara islam sendiri melarang kita untuk iri hati terhadap saudara sesama muslim. Salah satu penyebab dari iri hati adalah kita tidak mampu mendapatkan seperti yang dimiliki oleh orang lain.
Contohnya: orang mempunyai mobil, dan kita merasa iri hati terhadap orang tersebut karna kita tidak mampu memiliki mobil seperti dia.
3.      Sedih
Perasaan ini diantara hilangnya semangat, dan kurang adanya perasaan untuk bangkit atau tidak adanya kemampuan untuk melawan kesedihan yang ia miliki.
Contohnya: seseorang yang mengalami kesedihan yang mendalam akibat putusnya hubungan percintaan yang ia miliki (galau)
4.      Rendah diri
Seseorang yang merasa rendah diri akan lebih sering untuk menjauhkan diri dari orang lain, ia merasa lebih nyaman berteman dengan orang yang sepadan dengannya, dan kurang untuk bergaul dan hasilnya ia akan lebih memilih untuk menghindar dari orang yang ia anggap tidak sesuai dengannya. Salah satu penyebab dari rendah diri yaitu kurangnya kemampuan belajar yang kita miliki dari orang lain.
Contohnya: orang yang tidak pintar merasa tidak pantas berteman dengan orang pintar.
5.      Pemarah
Sifat pemarah adalah salah satu meluapnya emosi yang ada di dalam diri. Salah satu penyebab dari sifat pemarah adalah apabila emosi yang ia miliki dipancing oleh seseorang dan menimbulkan amarah di dalam dirinya terkeluarkan.
Contohnya: orang yang difitnah akan menimbulkan kemarahan karna ia merasa tidak melakukan hah-hal yang di katakan oleh orang tersebut. 
Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Kecerdasan
Kecerdasan bisa saja diwarisi dari orangtua. Akan tetapi, jika kecerdasan tidak didapat dari lingkungan sekitar, maka kecerdasan tersebut belumlah menjadi sempurna, karna tidak adanya pengetahuan yang kita dapat dari lingkungan.
1.      Terlalu banyak tidur
Terlalu banyak tidur tidak hanya mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan mental, tetapi juga menambah faktor penyakit diabetes. Dan kita juga tidak dibenarkan tidur lebih dari 6-9 jam. Terlalu banyak tidur juga akan mengakibatkan cara berfikir kita menjadi lambat. Maka dari itu kita tetap harus menjaga pola tidur kita sehari-hari.
2.      Stres
Stres pasti pernah dialami oleh setiap orang. Faktor terjadinya stres juga bermacam-macam. Dan tentunya stres juga pasti akan kita dapatkan dari hal yang kecil hinggga besar sekalipun. Dan beberapa fakta mengungkapkan bahwa stres sebagai sumber utama kecemasan dan depresi, kesehatan mental, dan juga dapat mempengaruhi fikiran seseorang dan tentunya kecerdasan yang kita dapatkan juga akan terhambat.
3.      Memakai narkoba
Narkoba adalah hal terburuk jika kita menginginkan kesehatan mental kita hancur. Seseorang yang mengkonsumsi obat yang berlebihan dapat menyebabkan masalah mental yang serius selain kecemasan dan depresi.
4.      Tidak ingin tahu akan hal baru
Tidak ingin belajar sesuatu yang baru tidak memungkinkan untuk pertumbuhan lebih lanjut dari otak kita. Teruslah mencari informasi yang lebih luas lagi jika kita ingin kesehatan otak dan mental tetap terjaga. Dan tentunya kecerdasan akan tumbuh apabila kita haus akan informasi dan pengetahuan.
5.      Kurangnya sosialisasi dengan orang banyak
Kurangnya sosialisasi kita terhadap orang lain akan menjadikan kita pribadi yang tidak mau bergaul. Dan hal ini tentunya menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan. Karna dengan kita bergaul dengan orang banyak, tentu saja sikit banyak kita akan mendapatkan ilmu dari nya, informasi, dan hal-hal yang lebih diketahui oleh orang lain dari pada kita. karna dengan bersosialisasi dengan orang banyak juga akan mengakibatkan kita mempunyai teman baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar